KPU Kota Yogya Pastikan Kotak Suara Layak Pakai

YOGYA, KRJOGJA.com – Logistik berupa kotak suara berhasil dirakit petugas KPU Kota Yogya. Seluruhnya pun dipastikan dalam kondisi layak, tanpa ada kerusakan yang berarti. Namun demikian KPU Kota Yogya masih membutuhkan logistik kotak suara tambahan dari KPU RI.

Ketua KPU Kota Yogya Hidayat Widodo, menjelaskan perakitan kotak suara sudah diselesaikan sejak Selasa (12/2) lalu. "Totalnya ada 6.996 kotak suara. Sebelumnya ada temuan sepuluh kotak suara yang kurang sempurna, namun tetap layak digunakan sehingga kami simpan di gudang," terangnya, Minggu (17/2).

Menurut Hidayat Widodo, kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2019, ialah 7.145 kotak. Sejak sebulan sebelumnya, pihaknya juga sudah mengajukan tambahan logistik tersebut ke KPU RI. Sehingga begitu tambahan kotak suara itu tiba di gudang, akan langsung dirakit. Permohonan tambahan kotak suara tersebut dilakukan untuk memenuhi ketentuan peraturan, khususnya saat proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Berdasarkan aturan lama, jumlah maksimal kotak suara untuk kebutuhan rekapitulasi di PPK ditetapkan sebanyak 11 kotak.

"Namun sesuai aturan baru bertambah menjadi maksimal 27 kotak suara. Tapi di Kota Yogya, kami akan gunakan 20 kotak untuk rekapitulasi di PPK sehingga perlu ada tambahan kotak suara," ujarnya.

Sementara itu, seluruh kotak suara yang sudah selesai dirakit disimpan di gudang dengan pengamanan maksimal. Termasuk dari serangan hama hingga air yang berpotensi merusak kotak suara meskipun kotak terbuat dari karton tahan air. Tumpukan kotak suara tersebut ditutup dengan terpal dan petugas di gudang melakukan pengawasan secara terus menerus. Sedangkan untuk kebutuhan logistik lain, khususnya surat suara, sampai saat ini belum diterima oleh KPU Kota Yogya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI