KPU Kota Yogyakarta Optimis Jaring Pemilih Pemula

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Total pemilih pemula yang teridentifikasi dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 tercatat sebanyak 15.633 orang dari total 299.880 orang. Mereka adalah pemilih yang berusia 17 hingga 19 tahun atau baru akan menggunakan hak pilih yang pertama kalinya dalam Pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Yogya Wawan Budiyanto optimis keberadaan agen pemilih pemula bakal berdampak positif terhadap tingkat partisipasi. Hal ini karena ajakan menggunakan hak pilih yang dilakukan oleh teman sebaya jauh lebih efektif dibanding oleh orang lain.

Baca juga :

Bakal Calon DPD dari DIY Tersisa 10 Orang

6.004 Warga Terancam Kehilangan Hak Pilih

”Kami punya program ‘KPU Goes to School’ untuk melakukan sosialisasi Pemilu 2019. Agen pemilih pemula itu akan kami gandeng sebagai mitra dalam menyampaikan materi sosialisasi,” imbuhnya.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi mengatakan sebagai kota pendidikan selayaknya mampu menjadi representasi penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. Proses demokrasi yang berjalan baik tersebut dapat ditandai dengan tingginya partisipasi pemilih dalam ajang pemilu.

Meski demikian, untuk mengukur tingkat partisipasi pemilih pemula juga bukan perkara mudah. Pasalnya, penggunaan hak pilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS) tidak dikategorikan berdasarkan usia melainkan jumlah surat suara yang digunakan.

”Tapi setidaknya dengan kehadiran agen pemilih pemula ini bisa menjadi bukti bahwa ada kepedulian dari pelajar sebagai kalangan terdidik untuk ikut menyukseskan pemilu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Heroe optimis tingkat partisipasi pemilih di Kota Yogya dalam Pemilu 2019 akan sesuai target yakni 77 persen. Bahkan dirinya berharap capaiannya mampu melesat di atas target. Apalagi Pemilu 2019 merupakan pemilu serentak pertama untuk memilih DPRD, DPR RI, DPD dan presiden serta wakil presiden sekaligus. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI