KPU Tambah Petugas Pelipat Surat Suara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah surat suara yang mengalami kerusakan di Kota Yogya tergolong sedikit jika dibandingkan daerah lain. Selama sepekan dilakukan penyortiran dan pelipatan, hanya ditemukan ratusan lembar yang rusak. Temuan kerusakan surat suara dimungkinkan bertambah lantaran belum semua berhasil dilipat.

"Sementara ini kita temukan sekitar 221 lembar surat suara yang rusak. Setiap hari terus kita update, jadi jumlah temuan surat suara rusak masih dinamis," tandas Ketua KPU Kota Yogya Hidayat Widodo.

Pelipatan surat suara Pemilu 2019 tersebut diawali sejak Rabu (13/03/2019) lalu. Surat suara yang dilipat itu pun baru untuk DPR RI. Totalnya sebanyak 316.659 lembar, ditambah 1.000 lembar surat suara untuk keperluan pemungutan suara ulang.

Sementara untuk surat suara calon presiden, DPD, DPRD DIY, dan DPRD Kota baru akan diterima KPU Kota Yogya pada Sabtu (23/03/2019) mendatang. Hidayat menambahkan, jenis kerusakan surat suara beragam seperti terdapat lubang kecil, noda tinta maupun terlipat. Di berbagai daerah, temuan surat suara rusak dalam sepekan pelipatan bisa mencapai ribuan lembar.

"Kebetulan surat suara yang kami terima dicetak di Solo. Percetakan di Solo hanya mendapat limpahan, sehingga jumlahnya tidak terlalu banyak. Mungkin ini yang menjadikan temuan surat suara rusak tidak terlalu banyak," tambahnya.

Seluruh kerusakan surat suara tersebut akan dimasukkan dalam berita acara dan dimintakan penggantinya ke KPU RI. Saat ini pihaknya pun menambah jumlah petugas lipat guna mempercepat pekerjaan. Dari sebelumnya 40 petugas menjadi 70 petugas, sehingga setiap kecamatan ada lima petugas lipat.

Diharapkan, selama sepekan ke depan, proses pelipatan surat suara untuk DPR RI sudah bisa dituntaskan. Kendati demikian, begitu empat jenis surat suara lainnya diterima KPU Kota Yogya, proses penyortiran dan pelipatan akan langsung diteruskan oleh petugas yang sama. Mereka akan diberikan honor sebesar Rp 100 hingga Rp 150 setiap surat suara yang berhasil dilipat.

Sedangkan setiap 25 lembar surat suara yang sudah terlipat kemudian ditali dan ditimbang. Jika jumlahnya benar, maka angka pada timbangan digital akan menunjukkan berat sekitar 840 gram. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI