Kraton Gencarkan Penyemprotan Desinfektan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Upaya penanggulangan dan pemberantasan penyebaran Virus Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY. Program-program dilaksanakan dengan menggandeng berbagai jajaran terkait guna memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut. Salah satu yang gencar dilaksanakan yakni penyemprotan desinfektan di tingkat kelurahan.

Kepolisian sebagai bagian dari koordinasi Satgas Penanggulangan Covid-19 terus melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Mulai dari tingkat Polda, Polres hingga Polsek dikerahkan untuk bersama pemerintah daerah turut memberantas penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

“Salah satu yang rutin dilakukan yakni penyemprotan desinfektan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tingkat kelurahan dan dilakukan secara bergiliran,” ungkap Plh Kapolsekta Kraton AKP Pracoyo Handoko, Sabtu (22/05/2021).

Dalam kegiatan ini jajaran polsekta dibantu masyarakat bahu membahu melakukan penyemprotan di wilayah masing-masing. Walau Kecamatan Kraton tergolong rendah angka penyebaran Covid-19, namun hal itu tak menyurutkan petugas untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan.

“Apa yang anggota kami lakukan juga mendapat respon baik dari masyarakat. Dalam setiap kegiatan masyarakat selalu terlibat. Dengan demikian artinya kesadaran di tengah masyarakat untuk bersama melawan Covid-19 sudah muncul,” tambahnya.

Dengan mengandalkan Bhabinkamtibmas, jajaran polsekta datang langsung ke wilayah kelurahan guna memantau langsung kondisi masyarakat. Bilamana ada warga yang terkonfirmasi Covid-19 maka segera melakukan koordinasi dengan Puskesmas setempat untuk secepatnya mengambil tindakan karantina maupun tracing guna penelusuran.

Selain itu petugas juga tak henti-hentinya selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menegakkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari. Seruan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta mengurangi aktivitas di luar rumah selalu dilakukan agar upaya bersama ini dapat terlaksana.

“Patroli bersama juga dilakukan guna mencegah adanya kerumunan. Bila ada kerumunan selalu kami ingatkan, tentunya dengan cara-cara dialogis dan persuasif,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI