Kraton Tawarkan Pedagang Lahan di Lempuyangan

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN (KRjogja.com) – Rencana relokasi pedagang di sisi selatan Stasiun Tugu Yogyakarta ternyata telah mendapatkan respon dari Kraton Yogyakarta. Pihak Kraton bahkan telah memilih lokasi baru yang berada di Lempuyangan.

Penghageng Kawedanan Hageng Tepas Panitikismo Kraton, KGPH Hadiwinoto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan PT KAI perihal lokasi lahan relokasi di kawasan Lempuyangan. Kraton mempertimbangkan lokasi di Lempuyangan mudah untuk diakses pedagang dan para pembeli.

"Sementara kita sudah cek dan semoga PT KAI cocok dengan lahan yang kita tawarkan. Lokasinya di Lempuyangan sekitar gudang di selatan jalan, khusus untuk pedagang di timur Stasiun Tugu," terangnya ketika ditemui usai mengurus Tax Amnesty di kantor DJP DIY, Jumat (30/09/2016).

Lahan rencana relokasi menurut Gusti Hadi saat ini dalam keadaan kosong dan memiliki luasan yang dirasa cukup. "Sementara ini sudah disurvei Daop 6 Yogyakarta dan semoga cocok, terpenting kan bisa terus berjualan dulu karena nanti mereka disiapkan lahan lagi," imbuhnya.

Kraton berharap ada perhatian dari Pemkot Yogyakarta untuk menata lahan relokasi yang kini masih berbentuk gudang. "Kami menunggu Pemkot untuk menata karena sebenarnya itu kewenangan mereka," pungkasnya.

Pedagang yang kini menghuni sisi selatan Stasiun Tugu dan memanfaatkan ruang tersebut untuk berjualan berjumlah 120 orang. Mereka terpaksa dipindah karena adanya proyek revitalisasi kawasan stasiun untuk dibuat pedestrian penghubung lokasi parkir Bong Suwung dengan Jalan Malioboro. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI