Kraton Yogyakarta Digitalisasi Kekayaan Budaya

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Digitalisasi seluruh kekayaan budaya di Kraton Yogyakarta dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Barang-barang yang dimiliki Kraton Yogyakarta merupakan manifestasi budaya Jawa, sehingga dengan digitalisasi masyarakat diharapkan tidak melupakan budayanya.

Alasan yang melatarbelakangi kegiatan digitalisasi kekayaan budaya Kraton Yogyakarta yakni karena banyaknya permintaan dari mahasiswa untuk meneliti dan meminta dokumentasi manuskrip, wayang dan sebagainya. Kraton tidak mungkin menjawab satu-satu permintaan data tersebut setiap harinya, sehingga dibuatlah website Kraton Yogyakarta agar memudahkan dan meringankan kinerja Tepas Tandha Yekti.

“Kami bertahap melakukan digitalisasi budaya di Kraton karena banyak sekali, mulai dari koleksi wayang, manuskrip, lukisan, arsitektur, baju tari dan sebagainya. Kita ingin lebih banyak yang meneliti tentang Kraton, sehingga satu persatu kekayaan budaya yang ada di Kraton didigitalisasi,” ujar Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu.

Penghageng Kawedanan Hageng Panakawan (KHP) Kridha Mardawa Kraton Yogyakarta KPH Notonegoro menyampaikan, sebagian besar konten yang masuk dalam digitalisasi budaya tersebut berasal dari KHP Kridha Mardawa dan KHP Nityabudaya. Pihaknya paling banyak mengisi digitalisasi budaya konten saat ini, semisal koleksi belasan kotak wayang.

“Kami baru melakukan digitalisasi dua kotak koleksi wayang tahun lalu, dengan satu kotak berisi 300- 500 wayang. Setiap wayang tersebut harus difoto satu-satu dan keterangannya sampai terdokumentasi agar bisa berguna bagi para peneliti maupun perajin wayang,” tutur KPH Notonegoro.

KPH Notonegoro menegaskan, Kraton Yogyakarta kini mempunyai spirit atau semangat untuk mendigitalkan kekayaan budayanya sehingga bisa berbagi dengan masyarakat dan membuka akses untuk sumber-sumber yang ada di Kraton. Masyarakat yang ingin melihat maupun meneliti kebudayaan Kraton tinggal mengakses website Kraton Yogyakarta dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.

BERITA REKOMENDASI