Krematorium Yogya Kembali Beroperasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Krematorium Yogya akan kembali beroperasional setelah sebelumnya sempat berhenti. Diharapkan keberadaan Krematorium Yogya dapat bermanfaat bagi masyarakat yang akan melakukan kremasi.
Pembina Krematorium Yogya GBPH Prabukusumo mengatakan, dengan terbitnya izin operasional Krematorium Yogya, sebagai tanda bisa kembali beroperasional. Sehingga masyarakat yang ingin melakukan kremasi dapat dilaksanakan di Krematorium Yogya.

“Memang Krematorium ini sempat berhenti. Tapi sekarang sudah bisa beroperasi lagi setelah izin operasional turun. Apalagi sekarang ini kremasi sudah lebih cepat lagi karena tidak secara tradisional,” kata Prabukusumo saat peletakan batu pertama pembangunan gedung serba guna dan penerimaan izin operasional, Senin (05/04/2021).

Menurutnya, Krematorium Yogya ini merupakan cagar budaya. Pihaknya meminta Krematorium Yogya Untuk dijaga dan dirawat agar terus bermanfaat bagi masyarakat. “Ini merupakan bangunan cagar budaya sehingga harus dirawat,” pintanya.

Ketua Pengurus Yayasan Wahana Mulia Abadi Soerdjono menambahkan, Krematorium Yogya memang sempat berhenti beroperasi sekitar dua tahunan. Sekarang ini akan kembali beroparasi dengan alat kremasi yang lebih ramah lingkungan. “Sekarang menggunakan tenaga listrik sehingga hanya membutuhkan sekitar 2,5 jam untuk kremasi,” kata Soerdjono. (Sni)

BERITA REKOMENDASI