KRL Yogya-Solo Beroperasi Penuh 10 Februari, Warga Hati-Hati Di Perlintasan Sebidang

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta – Solo bersiap beroperasi penuh mulai 10 Februari 2020, dengan total 20 perjalanan setiap hari. Tarif perjalanan pun ditetapkan Rp 8 ribu untuk sekali perjalanan baik Yogya-Solo maupun sebaliknya.

VP Corporate Communication Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purban mengatakan saat ini KRL Yogya-Solo masih dalam taraf ujicoba dan akan beroperasi penuh pada 10 Februari. 20 perjalanan Yogya-Solo pulang pergi bakal dilaksanakan setiap hari.

“Seperti kami jelaskan sebelumnya, KRL Yogya-Solo ini akan melewati 11 stasiun yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan. Waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit, ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di 7 stasiun,” ungkapnya pada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Dalam satu gerbong selama masa pandemi, KRL Yogya-Solo dapat mengangkut 74 orang. Sementara sekali perjalanan, dengan 4 rangkaian maka KRL tersebut bisa mengangkut 296 orang.

“KRL pada masa normal dapat melayani 1.600 orang dalam satu kali perjalanan, namun dalam masa pandemi ini KAI Commuter mengatur kapasitas pengguna sebanyak 74 orang perkereta. Kecepatan maksimal perjalanan KRL ini bisa sampai 90 km/jam. Sedangkan kecepatan maksimal perjalanan KA Prameks secepat 78-80 km/jam,” sambung dia.

Tiket untuk KRL Yogya-Solo sendiri menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dari KAI Commuter maupun kartu uang elektronik dari bank yaitu E-money Mandiri, Flazz BCA, BRIZZI, dan BNI Tap Cash. KMT telah dijual di seluruh stasiun KRL dengan harga Rp 30 ribu sudah termasuk saldo Rp 10 ribu.

“Tarif satu kali perjalanan KRL adalah Rp 8 ribu dan ini merupakan tarif flat. Harapan kami masyarakat bisa mendapatkan transportasi publik yang ramah dan berkualitas,” tandas Anne.

BERITA REKOMENDASI