Kuda ‘Mustang’ Timbul Raharjo Laku Rp 100 Juta

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seni patung kuda yang diberi bernama ‘Mustang’ karya Timbul Raharjo laku terjual Rp 100 juta. Karya tiga dimensi berbahan dasar stenlis ini pernah menyabet medali ‘gold’ dalam pameran seni rupa di Amerika Serikat. Kini kuda ‘Mustang’ tersebut dipajang dalam pameran tunggal hasil karya seniman Timbul Raharjo di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Seniman asal Kasongan Bantul ini mengatakan Mustang merupakan karyanya yang dipasarkan terbatas alias ‘limited edition’. Ia sengaja memproduksi Mustang hanya 10 karya, agar para pecinta seni benar-benar dapat menikmati keindahan hasil seni tersebut dan bangga telah memilikinya.

“Mustang ini ‘limited edition’, saya hanya akan membuatnya sebanyak 10 saja. Saat ini setidaknya sudah 5 karya yang berada di tangan para pecinta seni,” kata Timbul Raharjo disela pembukaan pameran bertajuk ‘Me, Myself & I’ tersebut, Jumat (28/06/2019).

Timbul Raharjo mengungkapkan Mustang terbuat dari pipa berdiameter sekitar 0,5 cm yang dipotong kecil-kecil sepanjang kurang lebih 5 cm dan kemudian disusun serta menggabungkan sedemikian rupa dengan menggunakan mesin las hingga membentuk seekor kuda. Mustang yang juga digambarkan Timbul Raharjo sebagai kuda jingkarak itu dalam pembuatannya memakan waktu sekitar satu bulan lamanya.

Seniman yang juga berjuluk ‘Kuda Egrang’ karena gemar membuat hasil karya patung berwujud kuda tersebut mengaku mendapat insipirasi menciptakan Mustang secara tidak sengaja. Saking banyaknya hasil karyanya yang berbentuk kuda dengan berbagai posisi, maka terbesitlah ide Timbul Raharjo untuk membuat kuda yang seolah sedang berjingkarak.

“Mustang sering saya pamerkan, bahkan hingga ke luar negeri. Para pecinta seni sangat mengapresiasi karya tersebut, bahkan kalau di pasar luar negeri dijual kembali harganya bisa mencapai Rp 500 juta,” ujarnya.

Dalam pameran tunggal ini, selain Mustang masih ada beberapa karya tiga dimensi yang mendapat apresiasi dari para penikmat seni diantaranya patung dinamai ‘Pixel Man’ dan ‘Hanging Man’ dimana perwujudan manusia yang tersusun dari hanger alias alat yang digunakan untuk menjemur pakaian. Sementara untuk karya lukis, Timbul Raharjo cukup apresiasi dengan lukisan malaikat berjudul ‘Angel’ serta gambaran hewan kerbau yang ia namai ‘Family’.

Pameran tunggal ‘Me, Myself & I’ mempertontonkan 40 karya dua dimensi (lukisan) dan 60 karya tiga dimensi (kriya, patung). Karya-karya tersebut merupakan hasil garapan Timbul Raharjo dalam dua tahun ini belakangan ini. (Van)

BERITA REKOMENDASI