Kue Bulan Hanya Ada Saat Tiong Ciu

YOGYA (KRjogja.com) – Puncak Perayaan Bulan Purnama Zhonqiu (Tiong Ciu), jatuh pada hari Kamis, 15 September 2016. Saat itulah bulan purnama tahun yang terbesar (fullmoon) sepanjang tahun dan dirayakan warga Tionghoa dengan berkumpul-kumpul bersama keluarga menikmati kue bulan.

"Kue bulan (Tiong Ciu Pia) hanya ada saat perayaan Tiong Ciu, diluar perayaan tersebut tidak diproduksi," tutur Ketua Umum Perwacy, Frananto Hidayat kepada KRjogja.com, Minggu (11/9/2016).  

Frananto menyebutkan tradisi saling berkirim kue bulan juga dilakukan warga Tionghoa mempererat persaudaraan. "Kue bulan juga berbeda-beda antar daerah, seperti kue bulan Canton berbeda dengan kue bulan Hokkian, tetapi maknanya sama untuk kebulatan, persatuan, keguyuban warga Tionghoa, juga kerukunan dengan interaksi  warga sekitar," ujar Frananto.

Perkumpulan Warga Canton Yogya (Perwacy) merayakan Tiong Ciu, Selasa (13/9/2016) mulai pukul 18.30 WIB di halaman depan Auditorium Perwacy, Jalan Ringroad Timur, Manggisan, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Sementara perayaan Tiong Ciu juga digelar Jogja Chinese Art and Culture Center Kamis (15/9/2016) di Klenteng Poncowinatan.

Demikian juga Ketua Pengurus Klenteng Gondomanan Ang Ping Siang menyebutkan Perayaan Tiong Ciu Sabtu (15/9/2016) malam dengan Pagelaran Wayang Kulit di halaman Klenteng Gondomanan sebagai wujud persaudaraan dan akulturasi budaya. (*-2)

BERITA REKOMENDASI