Kulonprogo Siapkan Rest Area di Klangon

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo telah menyiapkan tanah di Klangon, Kalurahan Banjaroya. Luas tanah sekitar 8.000 meter persegi tersebut menjadi lokasi pembangunan gerbang dan rest area ‘Samudraraksa’ Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. Kepala Dinas Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana (KNMTS) Kulonprogo Hariyanto dan Kepala Seksi Pemanfaatan Tanah Sartono menyatakan sesuai keinginan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sudah mempersiapkan tanah yang siap dibangun gerbang dan rest area.

Lokasi di tanah milik warga di selatan jembatan perbatasan di atas Sungai Progo di tepi Jalan Dekso ñ Klangon, Pedukuhan Klangon, Kalurahan Banjaroya. ”Sudah menyosialisasi dan ada kesepakatan dengan ahli waris maupun pemilik tanah dijadikan lokasi rest area,” ujar Heriyanto, belum lama ini.

Sartana menjelaskan ahli waris maupun pemilik tanah meminta Pemkab membelinya sesuai kebutuhan. Penggunaan tanah pada tahap awal menggunakan sistem sewa yang akan ditindaklanjuti pada tahun berikutnya dibeli pemerintah.

Baca juga :

Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot
Persoalan Sampah Merupakan Masalah Kebangsaan

”Antara Pemkab dan pemilik tanah sudah ada kesepakatan-kesepakatan sebelum tanah dibeli pemerintah. Terkait penyediaan tanah sudah ada kesepakatan bersama,” tuturnya.

Terpisah, Ulu-ulu Kalurahan Banjaroya, Ahmad Baehaqi menjelaskan terkait penyediaan lahan untuk lokasi pembangunan gerbang dan rest area pintu masuk KSPN Borobudur sudah dimusyawarahkan antara Pemkab dan pemilik tanah. Kalurahan mengharapkan kehadiran rest area KSPN Borobudur di Klangon, memberikan manfaat dan mampu memperdayakan masyarakat sekitar.

”Rencananya pekerjaan pembangunan fisik akan dimulai Februari 2020. Sampai sekarang belum ada tanda-tanda pekerjaan akan dimulai,” tutur Ahmad Baehaqi. (Ras)

BERITA REKOMENDASI