Kuncoro Jati dan Putu Anggita Duta Museum DIY 2016

YOGYA (KRjogja.com) – Kuncoro Sejati dan Putu Anggita Wijayanti terpilih menjadi Juara Umum Putra dan Putri Duta Museum DIY 2016 dalam acara grand final yang berlangsung, Sabtu (27/08/2016).

Kepada KRJogja.com, Kuncoro mengungkapkan kegembiraannya telah terpilih menjadi Duta Museum DIY 2016 karena ia menyenangi hal-hal terkait museum. "Saya sering mengunjungi museum di dalam dan di luar negeri," ujarnya setelah Malam Penobatan Duta Museum DIY 2016 di Grand Aston Hotel pada Sabtu (27/8/2016).

Kuncoro menambahkan dirinya baru saja mengunjungi banyak museum di Amerika, Jepang, Singapura dan Thailand selama empat bulan ini. Dari kunjungan tersebut, ia kemudian berinisiatif untuk membuat permuseuman di Indonesia menjadi tujuan utama bagi pelancong lokal maupun mancanegara.

"Saya sudah memiliki perencanaan selama satu tahun masa bakti," tambah pria yang menggeluti dunia enterpreneurship ini. Disinggung soal apa saja rencananya, Kuncoro belum mau membocorkannya ke khalayak karena masih butuh pemikiran tambahan.

Tidak berbeda dengan Kuncoro, Putu Anggita Wijayanti atau yang akrab disapa Anggi mengucapkan terimakasih dan mohon bantuannya selama dirinya menjadi Duta Museum 2016. "Semoga saya bisa melaksanakan dengan baik," kata Anggi.

Pemilihan Duta Museum DIY 2016 merupakan inisiatif Dinas Kebudayaan Provinsi DIY untuk mewujudkan atmosfir museum sebagai tempat belajar yang menyenangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Yohanna Kuswardhani selaku Kepala Bidang Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY.

Dhani menuturkan Duta Museum DIY ini diharapkan mampu memromosikan keberagaman museum yang ada di Yogyakarta. "Kami juga berbenah diri agar layak diapresiasi masyarakat, tidak hanya yang berasal dari DIY, tetapi juga dari luar negeri," kata Dhani.

Pemilihan Duta Museum DIY 2016 menghasilkan enam pemenang yang terdiri dari tiga perempuan dan tiga laki-laki. Runner Up ke II adalah Ghanis Wardhani Eka Rizky dan Muhammad Zaki Albana. Runner Up ke I adalah Paskalia Siwi Setianingrum dan MSG M Brilliant Hidayah. Masing-masing pemenang juga mendapatkan uang tunai dengan nilai yang berbeda. Untuk runner up II mendapatkan hadiah sebesar 19,2 Juta, runner up I sebesar 21,6 Juta dan juara umum mendapat 24 Juta.

Audisi Pemilihan Duta Museum DIY 2016 dilaksanakan pada 30 Juni – 30 Juli 2016 dengan sistem gugur 100 besar, 30 besar dan 12 besar. (MG-04)

BERITA REKOMENDASI