Kunjungi MAN 1 Yogya, Menteri Agama Beri Apresiasi Guru dan Siswa Berprestasi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambangi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Yogyakarta Rabu (29/9/2021). Kunjungan itu dilakukan Menag untuk memberikan arahan sekaligus apresiasi langsung kepada sekolah, guru, dan siswa MAN 1 Yogyakarta yang mengukir prestasi internasional belum lama ini.

“Perkembangan MAN 1 Yogyakarta sejauh ini ternyata sangat luar biasa, ini dibuktikan dengan segudang prestasi baik guru dan siswa tak hanya dikancah nasional tetapi juga di kancah internasional,” kata menteri yang akrab disapa Gus Yaqut.

Gus Yaqut mencontohkan, belum lama ini, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, para guru dan siswa MAN 1 Yogyakarta mengukir prestasi internasional yang mengharumkan nama bangsa Indonesia. “Ada guru MAN 1 Yogyakarta yang meraih dua gold medal sekaligus di ajang internasional untuk riset difable dan satu siswa meraih gold medal bidang sejarah di kancah internasional juga,” kata Gus Yaqut.

Adapun siswa yang meraih prestasi internasional itu yakni siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta, Karang Jimbaran Setyatrisila, yang berhasil menjadi juara pada perhelatan Conference Of Young Social Scientists (ICYSS) 2021 yang dihelat secara online berpusat di Belgrade, Serbia pada Juni 2021 lalu. Siswa itu meneliti tentang kerukunan umat beragama di kampung halamannya Karangasem, Bali.

“Siswa ini menurut saya luar biasa, dengan seusia itu membuat karya tentang toleransi umat Hindu dan Islam dari pengalaman sehari-hari di kampung halamannya, bagaimana bisa harmonis dan tidak ada persoalan, saya kira tidak banyak yang seperti ini,” tegas Gus Yaqut.

Dengan prestasi itu, Gus Yaqut menuturkan Madrasah makin menjadi lembaga pendidikan yang menjadi pilihan utama masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke depan. “Madrasah menjadi satu destinasi, satu tujuan lembaga pendidikan yang dapat dibanggakan dengan segudang prestasinya, seperti MAN 1 Yogyakarta ini,” kata Gus Yaqut.

BERITA REKOMENDASI