Kuota CPNS 2019, 197.111 Formasi

SLEMAN, KRJOGJA.com- Diperkirakan pada Oktober mendatang, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan seleksi penerimaan CPNS. Dari pusat mengalokasikan kuota CPNS 2019 sebanyak 197.111 formasi.

Kepala BKN, Bima Harya Wibisana didampingi Sekretaris Kemenpan RB, Dwi Wahyu Atmaji usai pembukaan Rakornas BKN di Hotel Marriot, Rabu (25/9) menuturkan dari  kuota 197.111 terdiri dari pusat 37.854 formasi dan daerah 159.257 formasi. Formasi ini akan diprioritaskan untuk tenaga teknis dalam bidang sumber daya manusia dan infrastruktur, guru dan tenaga kesehatan.

"Kita akan memperbaiki formasi kalau sebelumnya formasi didominasi oleh tenaga administrasi umum sekarang mungkin akan ke tenaga teknis untuk formasi pusat. Sementara untuk formasi daerah tetap diprioritaskan tenaga kesehatan dan guru yang terbanyak dibutuhkan. Untuk kepastian tanggal kapan pengumuman CPNS tunggu saja yang jelas Oktober," terangnya.

Ditanya mengenai formasi disabilitas, prosentase formasi ini masih tetap ada pada perekrutan CPNS tahun 2019.
"Untuk wacana PNS bekerja dirumah belum ada tindaklanjut. Dan hal ini hanya dimungkinkan bagi PNS dengan posisi bekerja misal peneliti. Jika PNS yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat tentu tidak dapat dilakukan. Artinya wacana ini tidak dapat diterapkan dengan semua PNS," tuturnya. 

Sementara Gubernur  DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menambahkan rekruitmen CPNS di DIY tergantung keputusan dari pusat. Dari Pemda DIY sendiri jika dirata-rata tiap tahun ada sektar 500 PNS yang pensiun. Sementara DIY tidak merekrut CPNS sejak 6 tahun lalu baru tahun ini merekrut. 

"Total kebutuhan tenaga dari 500 PNS yang pensiun tiap tahunnya selama 5 tahun tidak merekrut CPNS saja kekurangannya sudah sekitar 2.500,"tambahnya.

Adapun khusus untuk wilayah DIY prioritas formasi yang masih kekurangan tetap formasi guru dan tenaga kesehatan. Dalam Rakornas BKN diikuti oleh ratusan ASN dari seluruh Indonesia. (Aje)
 

BERITA REKOMENDASI