Kuota Khusus 1 Persen Bagi Disabilitas

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kuota khusus sebesar 1 persen diberikan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kepada para penyandang disabilitas dalam proses seleksi CPNS. Adanya kuota khusus tersebut, secara tidak langsung menjadi salah satu bentuk komitmen dari Pemda DIY terhadap para penyandang disabilitas. Kedati demikian para penyandang disabilitas yang ingin mendaftar sebagai CPNS harus tetap memenuhi persyaratan dan mentaati aturan yang sudah disepakati bersama.

”Bagi para penyandang disabilitas kami memberikan kuota khusus sebesar 1 persen dari total 3.132 kuota seluruh DIY. Nantinya mereka akan diberikan formasi khusus yang sesuai dengan pekerjaannya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi.

Baca juga :

Produk Lokal Sumbang GMV Hampir Rp 300 Juta Seminggu di BLANJA.com

Walikota Cup, Cari Taekwondoin Terbaik untuk Porda 2019

Gatot mengungkapkan,meski di sejumlah daerah bahkan kementerian ada yang memberikan prioritas bagi pendaftar dengan nilai cumlaude dalam penerimaan CPNS. Pemda DIY sepakat untuk tidak memberikan prioritas bagi pendaftar dengan nilai cumlaude.

Hal itu dilakukan selain ingin memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat, kebutuhan untuk lulusan cumlaude, belum terlalu mendesak kecuali tim peneliti. Adapun untuk persyaratan IPK minimal bagi pendaftar CPNS, masih terus digodok bersama dengan kabupaten/kota di DIY.

”Saya harapkan penentuan IPK antar kabupaten/kota seluruh DIY, bisa sama Penentuan IPK itu diupayakan agar tidak menimbulkan kesan melakukan pembatasan terhadap pendaftar. Memang ada manfaat tersendiri ketika IPK diputuskan lebih tinggi, karena sejak awal pendaftaran sudah tersaring. Berbeda dengan IPK rendah, biasanya cenderung banyak sehingga seleksi yang dilakukan harus maksimal,” papar Gatot. (Ria)

BERITA REKOMENDASI