Kyai Atabik Ali Sahabat Lama Wapres Ma’ruf di Pesantren Krapyak

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bangsa Indonesia kembali kehilangan seorang ulama kharismatik. KH Atabik Ali, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta meninggal dunia pada Sabtu (6/2/2021) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kiyai Atabik sendiri merupakan mertua dari mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Dia adalah putra sulung kiai besar Nahdatul Ulama, KH Ali Maksum. Kiyai Ali Maksum ini adalah Pengasuh Ponpes Al Munawwir Krapyak, dan dikenal sebagai Rais Aam Syuriah PB NU periode 1980-1984.

Kiyai Ali Maksum sendiri adalah putra KH Ma’shum yang di kalangan pesantren dipangil Mbah Ma’shum Lasem yang legendaris, pengasuh Ponpes Al-Hidayah, Lasem, Rembang. KH Ali Maksum dikenal sebagai salah satu pelopor modernisasi pesantren di Indonesia. Jejak Ali diikuti putranya, kiai Atabik Ali dan para santrinya.

Kiyai Atabik sendiri ternyata merupakan sahabat lama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Adapun Ma’ruf Amin dikenal bersahabat dengan ayah dan anak sekaligus, Kiyai Maksum Ali dan Kiyai Atabik Ali. Bahkan, pada saat kampanye Pilpres 2019, Ma’ruf Amin berkunjung ke kediaman Kiyai Atabik AlI yang tengah terbaring sakit.

“Saya bertemu dengan sahabat saya, kolega saya pengasuh ponpes. Alhamdulilah mereka menyambut dengan baik mendoakan saya dan mendukung saya,” kata Ma’ruf Amin kepada wartawan usai melakukan kunjungan ke Ponpes Krapyak, Minggu 14 Oktober 2018.

BERITA REKOMENDASI