Laboratorium Yogya Siap Ditunjuk Lakukan Tes Sampel Corona

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta siap ditunjuk sebagai salah satu laboratorium yang berwenang melakukan tes sampel pasien diduga terjangkit virus Korona. Laboratorium ini sudah bisa ikut memeriksa sampel SARS-CoV-2, selain itu segala peralatan yang dibutuhkan pun tersedia termasuk sumber daya manusia yang kompeten dalam memeriksa virus itu.

”Meski begitu, kami tetap menghormati keputusan Pemerintah Pusat, karena pemeriksaan harus dilakukan hati-hati dan terstandar,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY drg Pembajun Setyaning Astutie MKes.

Pembajun mengakui, BBTKLPP Yogyakarta memang sudah siap dan berpengalaman untuk melakukan pemeriksaan virus Korona. “Kalau memang benar BBTKLPP Yogyakarta diberikan kewenangan oleh pusat, kami siap menerima dan berterimakasih,” ucapnya.

Dengan begitu, tes sampel spesimen orang yang diduga terjangkit virus Korona tak perlu dibawa ke Jakarta, cukup di daerah. Ini akan mempercepat keluarnya hasil tes. Diperkirakan, kurang lebih 24 jam hasil tes akan keluar.

BERITA REKOMENDASI