Lagi, Merapi Semburkan Asap Setinggi 1500 Meter Siang Ini

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah meletus terakhir Kamis (24/5/2018) dinihari pukul 02.56 WIB, Gunung Merapi kembali mengeluarkan letusan siang ini pukul 10.48 WIB. Selama dua menit, Merapi menyemburkan asap dengan kolom setinggi 1500 meter ke arah barat. 

Kasi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan (BPPTKG) DIY, Agus Budi Santoso membenarkan letusan terjadi pukul 10.48 WIB selama dua menit. Saat letusan, Merapi menyemburkan kolom asap setinggi 1500 meter dan mengarah ke barat. 

“Baru saja, letusan terjadi kembali pukul 10.48 WIB selama dua menit. Terpantau dari Pos Merbabu dan Selo namun memang hanya terlihat sedikit saja karena tertutup kabut,” ungkapnya. 

Terkait ada atau tidaknya pijar merah seperti letusan dini hari tadi pukul 02.56 WIB, Agus tak dapat menyebutkan secara rinci. Meski demikian, BPPTKG menilai saat ini fase Merapi sudah mengarah ke letusan magmatik meski belum tahu kapan akan terjadi. 

“Terjadi siang hari jadi memang tidak terlihat ada atau tidak pijar merah. Tapi sekarang Merapi arahnya sudah ke magmatik, tapi sampai saat ini belum terjadi. Hanya tiba-tiba letusan tapi kemudian hilang. Sekarang (pukul 11.28 WIB) sudah balik seperti semula, tenang lagi,” sambungnya. 

Baca juga:

Pijar Merah Terlihat Saat Merapi Meletus, Ini Penjelasan BPPTKG

Dinihari, Merapi Semburkan Asap Setinggi 6000 Meter
 

Dari pantauan di Ruang Monitoring BPPTKG DIY, getaran amplitudo maksimal tercatat mencapai 44 milimeter dan arah angin mengarah ke barat. Masyarakat yang berada di barat Merapi seperti Magelang, Muntilan dan sekitarnya diharapkan mempersiapkan masker saat beraktivitas luar ruangan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI