Lagi Viral! ‘Udan Tekek’ di Medan Hanya Radius Semeter

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Dunia maya hari ini dihebohkan dengan fenomena kejadian alam aneh yaitu hujan dengan radius pendek sekitar satu meter dan berlangsung singkat. Video yang diunggah diakun instagram @ceritamebidang ini berjudul ' Hujan Lokal Teraneh'. Tidak diketahui persis tanggal kejadian berlangsung namun informasi menyebutkan hujan terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Masyarakat pada umumnya mengenal peristiwa ini sebagai hujan lokal, namun biasanya terjadi pada radius yang lebih luas. Di masyarakat Jawa, hujan singkat pada saat cuaca terang juga sering disebut sebagai 'Udan Tekek' atau Hujan Tokek. Udan Tekek adalah kondisi dimana Hujan Gerimis dimana Matahari bersinar begitu teriknya dan terjadi hanya sebentar saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Hujan lokal adalah hujan yg jatuh di daerah tertentu, tidak merata; (arti). Pola curah hujan lokal ini dipengaruhi oleh keadaan dan kondisi lokal setempat, dimana faktor-faktor pembentukannya secara umum dapat dibedakan dalam dua jenis yakni naiknya udara lembab secara paksa dari aliran udara yang menuju ke dataran tinggi atau pegunungan dan pemanasan lokal yang tidak seimbang.

Pola curah hujan lokal memiliki ciri yang berkebalikan dengan pola hujan monsunal, yaitu saat wilayah pola hujan monsunal mengalami musim hujan, maka wilayah dengan pola hujan lokal mengalami musim kemarau. (*)

BERITA REKOMENDASI