Lahan Terbatas, Pemkot Siap Operasikan Parkir Portabel

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Tempat parkir portabel yang sudah berhasil dibangun pada akhir tahun lalu, kini siap dioperasikan. Konsep parkir bertingkat tersebut bahkan akan dikembangkan di kawasan Balaikota Yogya seiring terbatasnya lahan yang tersedia

Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Kris Sarjono Sutejo, mengungkapkan pihaknya masih melatih operator yang akan mengoperasikan parkir portabel khusus sepeda motor tersebut. “Rencananya Februari sudah jalan. Operatornya dari petugas Sat Pol PP, tapi banyak pihak yang terlibat. Seperti sistemnya oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian serta kebersihan dan pembiayaannya dari Bagian Umum,” urainya di sela meninjau kawasan parkir kompleks Balaikota Yogya, Selasa (11/1).

Selain meninjau hasil pembangunan tempat parkir portabel khusus sepeda motor, Kris Sarjono beserta sejumlah organisasi perangkat daerah lain juga melihat kondisi parkir di wilayah Balaikota Yogya. Kedepan akan ada penataan lahan parkir seiring tingginya aktivitas pengunjung yang hendak mengakses sejumlah layanan di Balaikota Yogya.

Kris Sarjono mengaku, langkah awal pihaknya perlu mendata jumlah kendaraan yang masuk di kompleks Balaikota Yogya. Ter-
utama kendaraan bermotor milik pegawai dan tamu, baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

“Kalau berdasarkan data tamu yang masuk ke Balaikota dalam sehari rata-rata sekitar 1.800 kendaraan atau hampir 2.000. T api belum termasuk kendaraan milik pegawai. Itu pun sifatnya juga dinamis,” tandas- nya.

Dengan membandingkan lahan yang ada saat ini, maka kebutuhan akan tempat parkir yang memadai sudah cukup mendesak. Pada momentum tertentu, tidak sedikit pengunjung Balaikota Yogya yang kesulitan mencari lahan parkir hingga harus memarkir kendaraan di luar kompleks Balaikota.

BERITA REKOMENDASI