Lama Bersabar, Kini Masinis Bisa Rasakan Loko Ber AC

YOGYA (KRjogja.com) – Masinis PT KAI tampaknya bisa sedikit lega saat bertugas. Pasalnya, kini Balai Yasa Yogyakarta mulai memodifikasi lokomotif sehingga memiliki Air Conditioner (AC) yang tentu saja menambah kenyamanan.

Edi Sukmoro Dirut PT KAI saat menjajal satu lokomotif ber-AC di Balai Yasa Yogyakarta Jumat (18/11/2016) mengatakan loko tersebut merupakan hasil kreasi anak-anak negeri yang ada di Balai Yasa. Menurut dia, selama ini para masinis PT KAI hanya mengandalkan kipas dan angin jendela selama perjalanan.

"Kini mereka (masinis) bisa lebih nyaman dalam bekerja, karena lokomotifnya sudah memiliki AC. Sementara baru satu loko yang dipasang karena memang prosesnya bertahap terkait masalah biaya," ungkapnya.

Dengan adanya lokomotif ber-AC ini Edi mengharapkan anak-anak buahnya tersebut bisa semakin bersemangat dalam memberikan pelayanan pada para penumpang. "Bekerjanya nyaman servisnya lebih baik, itu harapan kami," imbuhnya.

Secara bertahap nantinya seluruh lokomotif yang dimiliki PT KAI akan dipasang AC dan ditarget rampung dalam beberapa tahun kedepan. "Masa penumpangnya sekarang semua AC tapi masinisnya tidak," pungkasnya.

PT KAI sendiri telah mengujicobakan loko AC tersebut sejak satu bulan terakhir. Loko bernomor CC2030107 tersebut sudah digunakan untuk menarik rangkaian kereta api penumpang dan dinilai tak menemui masalah. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI