Lampah Budaya Mubeng Beteng Ditiadakan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1954 Jimakir yang jatuh pada hari Rabu Pahing malem Kemis Pon tanggal 19 Agustus 2020, Paguyuban Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tidak menyelenggarakan Lampah Budaya Mubeng Beteng. Tak digelarnya kegiatan budaya ini mengingat kondisi kini masih dalam masa pandemi.

Sekretaris Pangarsa Paguyuban KMT Projosuwasono mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menyelenggarakan acara Tanggap Warsa diharapkan melakukannya di rumah masing-masing dengan memanjatkan doa untuk keselamatan diri, keluarga, bangsa dan negara. “Tak lupa pula untuk selalu memohon kepada-Nya agar musibah Korona dapat segera berakhir,” jelasnya, Selasa (18/08/2020).

Prosesi Mubeng Beteng merupakan ritual budaya tahunan di lingkungan Kraton Yogyakarta. Kegiatan ini digelar untuk menyembut pergantian tahun baru dalam kalender Jawa. Dalam ritual ini warga melakukan berjalan kaki mengeliling benteng Kraton Yogyakarta sambil tapa bisu alias tanpa mengeluarkan kata-kata. (Van)

BERITA REKOMENDASI