Lanal Yogyakarta Ikuti Baksos Bersama Panglima TNI

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta terlibat dalam kegiatan napak tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jendera Soedirman di Gunungkidul, Jumat (23/03/2018) beberapa hari lalu. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri langsiung Panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan bhakti sosial guna memperingati Hari Kartini serta HUT ke-54 Dharma Pertiwi.

Komandan Lanal (danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano menjelaskan kegiatan Napak Tilas Rute Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang sejarah perjuanagan bangsa. Dari situ akan terlibat bagaimana Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI) yang dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Selain itu melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menanamkan dan menumbuh kembangkan nilai-nilai kejuangan secara dini kepada para prajurit taruna dan taruni. Dari situ pula karakter sebagai prajurit pejuang dan prajurit rakyat akan terbentuk untuk menjadi seorang patriot,” jelasnya di Mako Lanal Yogyakarta, Senin (26/03/2017).

Pelaksanaan bhakti sosial kesehatan tersebut dibuka langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny Nanny Hadi Tjahjanto di Lapangan Balai Desa Bedoyo Ponjong Gunungkidul. Sebanyak 70 prajurit Lanal Yogyakarta turut terlibat dalam kegiatan tersebut beserta puluhan anggota Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT).

Kegiatan diisi dengan pengobatan gratis, donor darah sekaligus penyuluhan pencegahan penyakit kepada sekitar 6 ribu orang warga. Secara simbolis Penglima TNI juga menyerahkan kursi roda, alat bantu dengar, kaca mata baca dan sembako kepada warga yang membutuhkan. (Van)

BERITA REKOMENDASI