Lancar, Pelaksanaan Seleksi CASN Kemenag DIY di Kampus UIN Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakn secara komputerisasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seleksi ini diikuti oleh 1.349 peserta yang berdomisili di DIY pada tanggal Mulai tanggal 23 hingga 26 Oktober 2021.

“Peserta secara keseluruhan ada 1.349 dan ditambah ada 6 orang yang dari PPPK 1.349 orang itu dibagi empat hari,” jelas H Arief Gunadi S Ag, M Pd I, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY.

Arief juga menjelaskan setiap hari terdiri dari empat sesi. Sesi satu dimulai jam 8.00 WIB, sesi dua jam 10.30 WIB, sesi tiga 13.00 WIB dan sesi empat dimulai jam 15.30 WIB. Sementara itu peserta diharapkan hadir 90 menit sebelum waktu ujian. Proses registrasi ulang dan pembagian PIN peserta seleksi ditutup 45 menit sebelum ujian dimulai.

“Ada 59 saker yang punya formasi masing-masing. Adapun untuk formasi di kantor wilayah sendiri (DIY) hanya 6 orang yang terdiri dari 2 guru, 2 penghulu, dan 2 administrasi sementara UIN (Sunan Kalijaga) farmasinya ada 13,” terang H Nurhuda, S Ag, MSI Analis Kepegawaian Ahli Muda pada Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY.

Dalam pelaksaan ujian, peserta hanya diperbolehkan membawa satu buah pensil. Tidak diperkenankan untuk membawa pena, penghapus, kertas atau alat tulis lainnya. Lalu peserta juga dilarang membawa membawa berbagai jenis perhiasan seperti peniti, kalung, gelang, jam tangan, gesper atau sabuk, cicin dan sebagainya.

“Alhamdulillah saya pribadi semuanya lancar, dari petugas juga tegas, ga ada yang trouble juga, semuanya lancar,” jelas R Setyastama pendaftar formasi dosen Antropologi UIN Walisongo, peraih top skor pada sesi pertama 26 Oktober 2021. (Mishbahu Rahmah, Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

BERITA REKOMENDASI