Langenastran, Kampung Wisata Baru Yogya

YOGYA (KRjogja.com) – Kampung Langenastran menjadi kampung wisata baru di Kota Yogyakarta karena banyaknya hal  unik seperti latihan tari di Ndalem Ngadikusuman dan koleksi batik lama milik warga sekitar.

Pegiat budaya, Sumartoyo mengatakan pembentukan Langenastran sebagai kampung wisata berpedoman pada pernyataan Sultan Hamengkubawana X 10 tahun lalu yang meminta masyarakat sekitar Kraton membentuk kawasan wisata lain.

"Kami bukan kampung wisata bentukan pemerintah, murni karena pemikiran warga disini," ujarnya saat ditemui di Media Corner Avocado, Jalan Langenastran pada Sabtu (03/09/2016). 

Sumartoyo menambahkan program kampung wisata ini menjadi berkah baru masyarakat setempat, sehingga mereka tidak hanya mendapat imbas macet pengunjung alun-alun selatan saja.

Acara peresmian kampung wisata Langenastran dibarengi dengan peresmian media corner Avocado yang digagas Putut Prabantoro. Bahkan, mengizinkan media menggunakan rumahnya sebagai tempat diskusi.

"Saya ingin teman-teman media di Yogyakarta ketemu bareng, tanpa embel apapun dan menghasilkan suatu inspirasi. Kami berharap bisa menjadi ruang berpikir membangun bangsa dan negara". (MG-04)

BERITA REKOMENDASI