Lansia Sembuh Corona di DIY Terus Meningkat

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tren ‘zero’ penambahan kasus positif Virus Corona di DIY merupakan pertanda baik bagi masyarakat. Namun demikian warga diminta untuk tidak lalai dan selalu waspada serta tetap melaksanakan protokol pencegahan Covid-19 yang selalu didengungkan pemerintah.

Menurut Sekda DIY, Drs K Baskara Aji kesembuhan pasien Covid-19 di DIY terus menunjukkan adanya kenaikan. Bahkan jumlah pasien sembuh tersebut tidak hanya yang berusia produktif, tapi lansianya juga cukup tinggi (60 persen).

Tinggi jumlah lansia yang sembuh dari Covid-19 termasuk prestasi tersendiri. Mengingat sebagian besar dari mereka memiliki komorbit (penyakit penyerta) yang bisa mempengaruhi imun. “Tentunya semua itu tidak lepas dari peran para tenaga medis maupun RS,” jelasnya.

Sejauh ini Pemda DIY terus menggencarkan pelaksanaan rapid test (tes cepat) secara acak di beberapa pusat keramaian seperti pasar tradisional. Pelaksanaan rapid test secara massal itu dilakukan untuk memberikan kepastian atas melandainya kasus positif Covid-19 di DIY yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Dengan begitu, sebelum diputuskan untuk memberlakukan New Normal di DIY, sudah bisa memastikan atau mendapatkan gambaran apakah data (jumlah kasus positif yang menurun) sudah mewakili kondisi di DIYatau belum. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI