Lantik Bupati-Walikota Terpilih, Sultan: Harus Bisa Jawab Harapan Rakyat !

YOGYA, KRJOGJA.com – Bangsal Kepatihan Yogyakarta tampak jauh lebih ramai dari biasanya, Senin (22/5/2017) pagi. Hari ini pasangan bupati-walikota terpilih pilkada 2017 secara resmi dilantik oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Bupati terpilih Kabupaten Kulonprogo Hasto Wardoyo-Sutejo dan walikota Yogyakarta terpilih Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi secara resmi bakal menjabat untuk periode lima tahun kedepan 2017-2022. Ratusan undangan baik SKPD maupun dari KPU DIY, KPU Kulonprogo dan Kota Yogyakarta menyaksikan proses pelantikan yang berlangsung khidmat ini.

Dalam sambutannya, Sultan mengharapkan walikota dan bupati bisa bersinergi dengan Pemda DIY yang bukan berorientasi kekuasaan namun akumulasi program agar berguna bagi kepentingan masyarakat. Menurut Sultan, momentum pelantikan sekaligus mengingatkan para bupati dan walikota terpilih untuk mengabdikan diri pada masyarakat.

"Kepala daerah terpilih hendaknya bisa menjaga pelayanan dengan membentuk good government karena menjadi pemimpin itu menurut Kyai Haji Agus Salim adalah pelayan yang mau menderita untuk rakyatnya. Memimpinlah dengan teladan, setiap upaya menjalankan tanggung jawab kepemimpinan memiliki banyak konsekuensi dan harus berani menderita," jelas Sultan.

Sultan juga mengingatkan secara khusus bawasanya Kota Yogyakarta merupakan reprsentasi keistimewaan DIY. "Saya pikir walikota dan wakil walikota sangat paham konsekuensi yang akan diterima Kota Yogyakarta yang selama ini menjadi representasi keistimewaan DIY, tata kota dan kebersihan harus benar-benar diperhatikan," imbuhnya.

Sementara untuk bupati-wakil bupati Kulonprogo, Sultan juga mengingatkan bawasanya wilayah sebelah barat DIY tersebut bakal menjadi daya tarik tersendiri bagu investor setelah adanya bandara baru NYIA. "Bupati dan wakil Bupati harus turun tangan merangkul masyarakat untuk relokasi dan pembebasan tanah untuk mengakselerasi pembangunan bandara jangan sampai seperti yang lalu," kata Sultan.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan penyampaian pakta integritas para bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota mendapatkan ucapan selamat dari undangan dan Gubernur DIY yang sekaligus menandai berakhirnya prosesi pelantikan. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI