Lapas Yogya Deklarasi Zona Integritas

YOGYA, KRJOGJA.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Yogyakarta mendeklarasikan pencanangan zona integritas, Senin (20/1/2020). Sarana dan prasarana pendukung sebagai pengungkit status Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) akan segera dilengkapi.  

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kanwil DIY Gusti Ayu Putu Suwardani menjelaskan, sebenarnya Lapas kelas II A Yogya sudah melaksanakan WBK dan WBBM. Di antaranya tidak ada pungutan liar, peredaran narkoba, uang tunai dan lainnya.  

"WBK dan WBBM sudah dilaksanakan. Hanya tinggal menunggu perolehan predikat WBK dan WBBM saja," kata Gusti Ayu.  

Menurutnya, untuk meraih status WBK dan WBBM ini harus ada pengungkit di antaranya pemenuhan sarana dan prasarana di lingkungan Lapas Kelas II A Yogya. Mengingat sarana dan prasarana mempunyai nilai yang cukup tinggi.  

"Memang anggaran menjadi kendala dalam pemenuhan sarana dan prasarana. Tapi bagaimana pun juga, harus kami upayakan untuk dipenuhi," tuturnya.  

Menurutnya, semua UPT di lingkungan Kemenkumham Kanwil sebenarnya diajukan untuk mendapat WBK dan WBBM. Namun baru Rutan Bantul yang mendapat predikat tersebut. "Nanti UPT yang belum mendapat predikat WBK dan WBBM supaya mencontoh Rutan Bantul. Harapannya semuanya dapat predikat," terangnya. (Sni) 

BERITA REKOMENDASI