Laskar Digital Ajak Pelajar Mengenal Kemajuan Teknologi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGA.com – Hampir semua profesi di Generasi X sudah tergantikan oleh digitalisasi. Namun sayangnya sumber daya manusia belum semuanya siap dalam mengambil peran di dunia digital. Pada umumnya mereka adalah pengguna dan penikmat dunia digital.

Hal ini yang mendasari digagas program Laskar Digital. Program ini mengajak para pelajar, khususnya siswa tingkat sekolah dasar untuk lebih mengenal teknologi digital sejak dini.

“Laskar Digital merupakan pelatihan digital sejak dini kepada para peseta didik usia sekolah. Pengenalan dunia digital sejak dini diharapkan membawa dampak positif bagi para peserta, untuk bijak dalam menggunakan sosial media serta dapat menemukan segudang profesi yang lahir di era digital,” kata Yana selaku Founder Annora Cipta Kreasi di Ruang Ekraf Pasar Prawirotaman Yogyakarta, Senin (01/08/2022).

Dalam program ini Annora Cipta Kreasi menggandeng UPT Bisnis Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta. Nantinya para siswa sekolah dasar dididik tentang ilmu digital dengan menjadikan Pasar Prawirotaman sebagai laboratorium sekaligus tempat belajar mereka.

Program ini nantinya akan terdiri dari beberapa kelas yang disebut dengan camp. Para siswa dapat mengikuti camp public speaking, game developer, digital copywriting, ilustrator, animator dan content creator.

“Bagi mereka di camp public speaking bisa belajar berkomunikasi langsung dengan para pedagang. Bagi siswa camp game developer juga dapat menjadikan pasar ini sebagai inspirasi dalam membuat game nantinya,” jelas Yana.

Yana mengatakan Laskar Digital ini juga sejalan dengan kurikulum Merdeka Belajar yang ditetapkan pemerintah melalu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tuntutan bagi pelajar untuk dapat menimba ilmu di luar sekolah dapat diperoleh di Pasar Prawirotaman dengan segala aktivitas di dalamnya.

Ia berharap Laskar Digital ini akan membantu para pelajar di Kota Yogyakarta untuk dapat mengenal dunia digital lebih dini. Dengan demikian para pelajar siap untuk mengikuti laju perkembangan zaman dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan keterampilan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar menyambut baik keberadaan Laskar Digital ini. Sebagai bagian dari Pemerintah Kota Yogyakarta tentunya dinas yang dipimpinnya selalu mendukung program ini dan siap bersinergi bersama jajaran lain.

“Kami memiliki ruang terbuka yang banyak dan bisa dijadikan tempat untuk belajar. Terlebih lagi saat ini pasar tradisional sudah dilupakan anak-anak, jadi memang keberadaannya harus dikenalkan kembali kepada mereka,” kata Veronnica Ambar. (*)

BERITA REKOMENDASI