Lebaran Usai, Harga Beberapa Komoditas Mulai Turun

YOGYA (KRjogja.com)  – Distribusi komoditas bahan pangan pokok sudah lancar, terutama yang didatangkan dari luar DIY pasca mengalami keterlambatan akibat kemacetan arus mudik maupun balik lebaran. Gangguan distribusi pangan ini ternyata tidak mengganggu harga dipasaran mengingat pedagang masih mempunyai pasokan cukup sebelum lebaran.

"Distribusi pangan di DIY sudah lancar saat ini secara keseluruhan. Kami telah menanyakan pihak kabupaten/kota maupun asosiasi di DIY, sekarang distribusi pangan pulih setelah sebelumnya sempat berhenti selama dua hari karena macet total," tutur  Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY  Ir Arofa Noor Indriani, MSi kepada KRjogja.com, Rabu (13/7/2016).

Arofa menyampaikan meskipun sempat mengalami gangguan distribusi pangan, namun usai lebaran sudah berangsur-angsur normal. Bahkan kondisi tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar, mengingat pasokan pangan sebelum lebaran masih ada dan pembelinya pun kebetulan tidak banyak.

"Stok pangan di tingkat pedagang masih ada karena masih ada pasokan komoditas  pangan pokok sebelum lebaran. Terlebih daya beli masyarakat atau permintaan konsumen tidak terlalu banyak, sehingga tidak seperti sebelumnya pasokan masih aman dan distribusi masih bisa dikendalikan,"  papar Arofa.

Plh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Drs Lono Widagdo menambahkan harga rata-rata beberapa bahan pokok di Kota Yogyakarta dari pantauan tiga pasar tradisional yaitu Beringharjo, Kranggan dan Demangan terpantau mengalami penurunan harga dan stabil.  Harga komoditas yang turun antara lain daging ayam dari Rp 38.700 menjadi Rp 38.000/Kg, cabai merah keriting dari Rp 19.300 menjadi Rp 16.300/Kg, cabai rawit hijau dari Rp 20.300 menjadi Rp 19.700/Kg, cabai rawit merah dari Rp 29.300 menjadi Rp 28.000/Kg dan bawang merah dari Rp 36.300 menjadi Rp 35.700/Kg. Untuk sayuran tomat turun dari Rp 8.300 menjadi Rp 7.700/Kg dan kubis dari Rp 7.700 menjadi Rp 7.000/Kg.

"Komoditas pangan di atas mengalami penurunan harga dikisaran 2 hingga 16 persen usai lebaran," katanya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI