Legislator PKS DIY Ditantang Terapkan Pancasila dalam Pengambilan Kebijakan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Pusat Studi Pancasila UGM HM Jazir ASP menantang legislator PKS DIY untuk mengimplementasikan Pancasila dalam setiap kebijakan yang akan dilakukan. Hal tersebut mencuat dalam diskusi Refleksi 75 Tahun Kemerdekaan RI di DPRD DIY, Sabtu (22/8/2020).

Jazir mengatakan saat ini banyak orang yang tak lagi menerapkan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, Pancasila merupakan pedoman utama yang telah disepakati sejak kemerdekaan tahun 1945.

Menurut Jazir, saat ini seluruh elemen negara mulai pemerintah, legislatif dan masyarakat harus kembali menerapkan Pancasila. “Contoh dahulu sudah ada, Bung Karno memasukkan PKI dalam parlemen, lalu kemudian dia jatuh. Mengapa, karena jelas-jelas partai menolak Ketuhanan dimasukkan dalam negara yang sudah sejak awal menyatakan Ketuhanan. Ketika Pancasila ditinggalkan, satu saja maka bisa jatuh,” ungkap Jazir.

Dalam forum yang juga disiarkan secara live streaming tersebut, Jazir secara terang juga menantang legislator PKS DIY untuk menerapkan Pancasila dalam setiap kegiatan kelegislasian. “Apakah benar keadilan itu ada di pemerintahan kita. Misalnya menganggarkan sesuatu program, berapa anggaran dari atas dan berapa yang sampai ke masyarakat. Ini saya tantang legislator PKS di DIY untuk mencermati hal itu. Kalau ternyata beda dari anggaran seharusnya ya berarti itu tidak sesuai dengan sila Keadilan Sosial sekaligus apakah benar negara menerapkan Ketuhanan dalam melaksanakan kinerjanya,” ungkap pria yang juga takmir masjid Jogokaryan ini.

BERITA REKOMENDASI