Lelang Lukisan Affandi Untuk Peduli

YOGYA, KRJOGJA.com – Lelang Lukisan litografi ke 104 dari 200 karya Maestro Lukis Affandi dalam acara Pariwisata DIY Peduli musibah dan bencana di Indonesia, yg digelar GIPI DIY (rabu 20/1) kemarin menjadi menarik. Sebab beberapa asosiasi dibawah GIPI bersaing untuk mendapatkan lukisan sang maestro, dan hasilnya untuk disumbangkan. Pemenang lelang adalah dari DPD Ivendo DIY. puluhan barang laku dilelang dan berhasil mengumpulkan Rp 24.540.500 .

Menurut Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardianto Setyo Aji, kendati berada dalam situasi pandemi yang membuat usahanya berhenti, insan pariwisata Yogyakarta tak hilang empati. Musibah bencana alam di sejumlah tempat di tanah air menumbuhkan simpati dan empati dari insan pariwisata DIY. Insan pariwisata yang tergabung dalam Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY pun tergerak mengumpulkan dana. GIPI DIY menggalang dana secara unik.

Penggalangan dana bencana di masa pandemi ini digelar lewat zoom dengan tajuk Pariwisata DIY Peduli #1. Lewat aplikasi zoom ini akan berlanjut sampai Sabtu 23/1 setiap pukul 19.30.Acara edisi perdana diisi serangkaian kegiatan diadakan mulai dari tausiyah oleh Ustaz Munif Tauhid, pembacaan puisi dan lelang. Lelang sejumlah barang berharga. Satu di antaranya Litografi karya maestro senirupa Affandi.

Direktur Musuem Affandi Helfie Aristien Dirix menyatakan sebagai bentuk empati dan membantu saudara-saudara kita yang sedang mendapatkan ujian, Museum Affandi mendonasikan satu karya litografi. Judul lukisan hitam putih karya Affandi ini adalah Andong Roma.

Ketua GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Aji menambahkan, selain lukisan Affandi ini, ada sejumlah barang yang juga dilelang. Di antaranya tas, baju batik, mukena, kaos, voucher menginap, dan lain-lain. Menurut Bobby, GIPI Peduli ini sebagai bentuk empati dan kepedulian insan pariwisata. Dikatakannya, pariwisata Indonesia itu kuat dan tidak ada habisnya.

BERITA REKOMENDASI