Lembaga Ombudsman DIY Buka Pendaftaran

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan Lembaga Ombudsman (LO) DIY sebagai partner Gubernur memiliki peran strategis dalam mengawasi kinerja pemerintah daerah (Pemda) dan swasta. Semua tugas tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, apabila para anggota maupun pengurus memiliki kualitas dan integritas. Karena pendaftaran calon anggota lembaga Ombudsman DIY periode 2021-2024 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 semua tahapannya mengedepankan protokol kesehatan.

“Seleksi calon anggota LO DIY kali ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Karena selain mengedepankan protokol kesehatan, seleksi calon anggota Ombudsman diketuai langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan tertuang SK No 95/Tim/2020 tentang SK Pembentukan Tim Seleksi tertanggal 3 Agustus 2020,” kata Koordinator Pelaksana harian tim seleksi anggota LO DIY Achiel Suyanto.

Selain diketuai Gubernur DIY dan Sekretaris Kepala Biro Hukum. Anggota tim seleksi juga berasal dari berbagai unsur. Di antaranya dari kalangan praktisi hukum ada Achiel Suyanto, Prof Dr Sujito (Akademisi UGM), Dr Sari Murti SH MHum (aktivis perempuan dan anak), Drs H Octo Lampito MPd (dari tokoh pers) dan KH Jazir ASP(tokoh masyarakat dan budayawan).

Sebelumnya, dengan Pergub No 69 Tahun 2014 anggota ombudsman hanya satu periode. Namun sekarang dengan adanya Pergub No 28 Tahun 2019 anggota ombudsman bisa dua periode, sehingga komisioner yang sudah satu periode, bisa mendaftar kembali. Dengan adanya kebijakan itu diharapkan bisa ada kesinambungan program.

Meskipun sebagai komisioner lama prosedur tetap seperti biasa. Jadi tetap sesuai syarat-syarat yang ada termasuk membuat karya tulis, ikut uji publik dan wawancara. Adapun untuk pemberkasan dan pendaftaran dibuka pada 21-29 September. Adapun untuk karya tulis mengangkat tema ‘Peran Lembaga Ombudsman DIY dalam Mengawal Pelayanan Publik dan Etika Bisnis di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. (Ria)

BERITA REKOMENDASI