Lewat Film, Warga Tembi Ungkap Rahasia Hanya Tiga Warga Kena Covid-19

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 berjalan setahun lebih sedikit di DIY. Jumlah kasus harian masih saja naik turun tercatat hingga Jumat (2/4/2021) mencapai rata-rata 200-an kasus dari data Dinas Kesehatan DIY.

Namun ternyata ada padukuhan yang terbilang cukup steril selama satu tahun ke belakang, di mana hanya ada tiga warga yang mendapatkan Covid-19 dan seluruhnya berhasil sembuh. Adalah Padukuhan Tembi Timbulharjo Sewon Bantul, yang berhasil menerapkan protokol kesehatan meski di kawasan tersebut banyak terdapat homestay dan hotel karena menjadi salah satu destinasi terkemuka di Bantul.

Tembi ternyata sudah membuat Satgas Covid sendiri, jauh hari sebelum pemerintah menginstruksikan. Mereka bahkan mendokumentasikan semua aktivitas yang kemudian terekam apik dalam film dokumenter berjudul Sluman Slumun Slamet.

Film tersebut disutradarai Tatang Helmi Wibowo, ketua Masyarakat Tembi dan menjadi kolaborasi apik bersama Pusat Studi Bencana UPN Veteran Yogyakarta. Film tersebut menceritakan bagaimana masyarakat secara swadaya memiliki kesadaran untuk bergotong-royong mengantisipasi pandemi Covid.

“Film ini menceritakan Tembi, tentang pengalaman kami mengatasi pandemi. Kami sejak awal langsung membuat satgas Covid dan berupaya agar anak-anak bisa berkegiatan, ibu-ibu dan ekonomi keluarga tetap bisa berjalan apalagi Tembi bergerak karena banyak homestay dan hotel di sana. Kita perlu mengorganisir sehingga apa yang dilakukan diketahui bersama,” ungkap Tatang usai diskusi film tersebut di Kantor DPD RI Perwakilan DIY, Jumat (2/4/2021) petang.

BERITA REKOMENDASI