Lewat Film, Warga Tembi Ungkap Rahasia Hanya Tiga Warga Kena Covid-19

Editor: Agus Sigit

Masyarakat menurut Tatang melaksanakan gotong-royong dengan protokol-protokol yang selalu dijaga. Tak heran sesuai data empiris hingga saat ini, hanya tiga warga Tembi yang positif dan sudah berhasil sembuh.

“Saya kira ini pengalaman bagus karena bahkan agenda kebijakan pemerintah membentuk Satgas ada setelah kami membentuk duluan. Kalau dari data empiris Kelurahan Timbulharjo, Tembi hanya tiga orang yang positif sampai saat ini dan semua sembuh. Kami mendokumentasikan bagaimana kontribusi warga untuk bisa saling membantu. Kalau warga bersatu bisa maksimal penanganannya. Film ini dari masyarakat Tembi sendiri, ini kesadaran warga berkontribusi hingga film ini selesai. Film ini berisi dokumentasi untuk kami, harapannya menjadi sarana berbagi cerita untuk warga luar Tembi dan Indonesia bahkan,” tandas Tatang.

Eko Teguh Paripurno, salah satu pengajar dari Pusat Studi Bencana UPN Veteran Yogyakarta, menambahkan masyarakat Tembu terhitung luar biasa dan tangguh dalam menjalani setahun masa pandemi. Warga menurut dia memiliki inisiatif cepat untuk melakukan penanganan termasuk menyiapkan lokasi karantina sejak awal dan saling bantu secara ekonomi.

“Proses dimulai sebelum keramaian desa yang menyampaikan harus tangguh. Belum ada satgas desa, teman-teman sudah punya organisasi sendiri, tempat karantina sendiri, saling bantu ketika ada warga sakit dan bahkan memikirkan ekonomi kedepan. Harapan kami, semoga bisa menginspirasi desa lain bahwa gotong-royong merupakan cara mengatasi permasalahan desa dan tergolong sukses,” lanjut dia.

BERITA REKOMENDASI