Lewat Malioboro, Taksi Ilegal Dirazia

YOGYA(KRjogja.com) – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan DIY dan kepolisian, Rabu (14/9/2016) menggelar razia kendaraan roda empat khususnya angkutan ilegal di halaman DPRD DIY. Hasilnya, cukup banyak ditemukan angkutan ilegal yang beroperasi di kawasan pusat kota Yogyakarta selama dua jam razia. 

Kepala Kantor Pengendalian LLAJ Dishub DIY Sumariyoto  mengatakan operasi bersama kepolisian untuk menertibkan angkutan ilegal yang beroperasi di Yogakarta. Menurut dia, saat ini banyak mobil pribadi yang diubah fungsikan menjadi angkutan penumpang di mana hal tersebut menyalahi undang-undang. 

"Sasaran utama kita adalah angkutan roda empat tak beriZin, kendaraan pribadi yang dijadikan mobil angkutan untuk menarik penumpang. Hal ini ilegal karena dalam undang-undang jelas dilarang, karena itu kami lakukan razia," terangnya.

Beberapa taksi ilegal yang tak memiliki iZin resmi serta supirnya menggunakan SIM A biasa terpaksa ditilang oleh petugas. "Kami persilahkan membayar vonis di pengadilan, mengikuti sidang bagi yang melanggar," imbuhnya. 

Layaknya kucing-kucingan, petugas harus melakukan pengecekan pada supir dan penumpang untuk bisa memastikan taksi tersebut ilegal dan tak berizin. Puluhan pelanggar pun terpaksa mengantongi surat tilang atas pelanggaran yang dilakukan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI