Lewat Seleksi Mandiri, UIN Sunan Kalijaga Terima 2.741 Mahasiswa

YOGYA, KRJOGJA.com – UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baru saja menggelar agenda Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) alur mandiri melalui Computer-Based Test (CBT) 2 dan Portofolio. Dari jalur CBT 2 diterima sebanyak 1.733, portofolio 712 calon mahasiswa baru. Secara keseluruhan, untuk jalur mandiri terdapat 2.741 peserta yang lolos masuk ke UIN Sunan Kalijaga melalui CBT 1, CBT 2, prestasi, portofolio dan difabel.

PMB tersebut dilakukan secara daring. Pada lingkup Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) UIN Sunan Kalijaga merupakan satu-satunya kampus yang melaksanakan CBT online. Peserta ujian online menggunakan aplikasi ‘CBT UIN SUKA’berbasis android yang tersedia di Google Play Store.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si., menuturkan bahwa di saat pandemi ini kita tetap menggelar CBT dengan mematuhi protokol covid-19. Ujian online dilaksanakan dengan mekanisme kontrol teknis tertentu dengan menjamin keamanan sistem aplikasinya.

Iswandi menyampaikan bahwa peserta yang diterima merupakan orang yang beruntung dan mempunyai kemampuan. Terpilihnya para peserta ini bagian dari takdir dan amanah dari Tuhan. Hal ini penting karena kesempatan untuk masuk ke kampus ini tidak datang dua kali. “Dan proses penerimaan ini membutuhkan waktu yang panjang dan sayang sekali jika tidak melakukan daftar ulang”. kata Iswandi.

“di Jalur mandiri ini, terdapat kebijakan umum UIN Sunan Kalijaga, yaitu memberikan afirmasi kepada calon mahasiwa dari daerah terpencil, terluar dan tertinggal,kemudian mendorong keseimbangan mahasiswa dari jawa dan luar jawa sebagai upaya menciptakan keanekaragaman budaya, bahasa dan kondisi sosial,dan juga menerima 20 mahasiswa difabel dari hasil rekomendasi Pusat Layanan Difabel sebagai kampus inklusif.” tutur Iswandi.

Ketua Admisi, Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom, menjelaskan untuk jalur mandiri, ada empat jenis pendaftaran. CBT 1 menerima 237 calon mahasiswa, CBT 2 1.733 calon mahasiswa, prestasi 59 calon mahasiswa, portofolio 712 calon mahasiswa, dan melalui rekomendasi Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga diterima 20 calon difabel mahasiswa.

“Jenis Program Studi dengan lima besar peminat terbanyak dari CBT 2 berturut-turut ada Ilmu Komunikasi, Psikologi, Pendidikan Agama Islam, Teknik Informatika, dan Ilmu Hukum. Kemudian jalur portofolio ada Prodi Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Teknik Informatika dan Ilmu Perpustakaan.”kata Aulia.

Aulia mengimbau bagi mahasiswa yang diterima jalur mandiri ini untuk segera mengisi data profil mahasiswa di link website http://dataprofil.uin-suka.ac.id/ untuk menentukan besarnya Uang Kuliah Tunggal. Bagi yang diterima melalui jalur CBT 2 dan portofolio ini diharap untuk segera mengisi data profil mulai tanggal 10 hingga 14 September 2020.

Aulia menambahkan,“Kami juga menggelar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Magister (S2) dan Doktor (S3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gelombang 1Genap yang pendaftarannya telah dibuka sejak 25 Agustus 2020 hingga 05 Oktober 2020. Perkuliahan untuk pendaftaran gelombang ini akan dilaksanakan pada semester genap, tepatnya di bulan Februari 2021. Untuk informasi pendaftaran bisa lihat di website http://admisi.uin-suka.ac.id/informasi/1. (*)

BERITA REKOMENDASI