Lezat, Ini 5 Kuliner Wajib Disantap Saat Liburan di Jogja!

Editor: Agus Sigit

Yogyakarta memang dikenal sebagai kota dengan berbagai destinasi wisata yang tidak pernah gagal menarik hati wisatawan untuk berkunjung, atau sekadar bernostalgia. Belum lengkap rasanya jika berwisata ke Jogja tanpa mencicipi kuliner yang tersebar hampir di penjuru kota. Selain murah, ragam kuliner di Jogja menyajikan cita rasa khas yang tiada dua.

Tidak mengherankan jika aneka ragam kuliner Jogja dengan harga murah mampu memikat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk kembali singgah. Berburu kuliner khas Jogja akan terasa lebih mudah dan murah dengan pesan tiket kereta ekonomi tujuan Jogja di Traveloka. Nikmati pula berbagai fasilitas tambahan TrainPlus saat beli tiket kereta api di lifestyle superapp tersebut.

Untuk memenuhi rasa penasaran Anda terkait ragam kuliner di Kota Jogja, berikut ulasan dan rekomendasi makanan yang wajib untuk Anda coba!
Karangan

Jika Anda merupakan pecinta kuliner dengan cita rasa otentik, maka Karangan bisa menjadi daftar menu yang wajib dicoba saat berada di Jogja. Olahan rumput laut yang kini mulai sulit untuk ditemui ini memiliki gizi yang sangat tinggi. Tidak seperti kebanyakan makanan di Jogja yang mudah ditemui di sudut kota, Anda hanya bisa menemukan kudapan tradisional ini di tempat dan waktu tertentu saja.

Sebut saja di Pasar Turi yang hanya ditemui setiap pasaran Pahing, dan di daerah asalnya yakni di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogja. Sulitnya menemukan keberadaan makanan ini dikarenakan bahan baku yang sulit ditemukan serta proses pembuatan yang memakan waktu lama.

Soto Bathok

Jogja juga memiliki soto khas yang disajikan menggunakan tempurung (batok) kelapa yang unik. Soto bathok memiliki isian daging sapi dengan kuah bening yang bercita rasa gurih. Tidak mengherankan jika banyak sekali wisatawan yang ‘ketagihan’ dengan kuliner yang satu ini.
Cita rasa soto bathok akan lebih sempurna jika disandingkan dengan berbagai macam menu tambahan, seperti sate usus, telur puyuh serta tempe goreng. Hanya dengan Rp. 5.000 saja, Anda sudah dapat menikmati soto bathok Mbah Katro di Candi Sambisari, Kalasan, Sleman.

Sate Kere

Jika Anda sedang singgah di Pasar Beringharjo, maka sempatkan diri untuk mencicipi sajian Sate Kere. Sate yang berbahan dasar jeroan sapi ini bisa Anda nikmati dengan harga murah meriah. Satu porsi sate kere terdiri dari beberapa tusuk sate jeroan sapi dilengkapi dengan tempe gembus potongan lontong serta guyuran bumbu kacang yang gurih.

Oseng Mercon

Apakah Anda termasuk pecinta kuliner pedas? Jika benar demikian, maka Oseng Mercon bisa menjadi menu wajib yang harus Anda coba ketika bertandang ke Jogja. Cita rasa oseng mercon akan lebih nikmat jika ditambah dengan menu lain seperti telur, ayam, tahu dan tempe.
Sensasi pedas yang dihasilkan oleh racikan bumbu dalam oseng mercon menjadi primadona tersendiri bagi para pelanggannya. Anda bisa mulai berburu kuliner pedas ini mulai dari pukul 6 sore di daerah Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta.

Sate Klatak

Sebenarnya tidak ada yang membedakan antara sate kambing dengan sate klatak. Jika pada umumnya sate kambing ditusuk menggunakan bambu, maka sate klatak ditusuk menggunakan besi dari velg sepeda. Sungguh unik, bukan? Anda bisa menikmati sate klatak mulai dari Rp. 12.000 saja. Sate klatak akan lebih nikmat jika disantap dengan gule kambing yang bisa menghangatkan malam Anda di Jogja.

Gudeg

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia mengenal makanan khas Jogja yang satu ini. Seperti yang diketahui jika gudeg memiliki proses pembuatan yang unik dan memerlukan waktu yang cukup lama. Hidangan gudeg lebih lezat dengan beberapa hidangan lain, misalnya krecek dan opor ayam.

Seiring dengan perkembangan teknologi, gudeg kini diproduksi dan didistribusikan dalam bentuk makanan kaleng. Namun jika Anda lebih memiliki untuk menikmati cita rasa otentik ketika berada di Jogja, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai angkringan yang tersebar di penjuru wilayah ini.

Berwisata kuliner menjadi kegiatan yang tidak bisa dilepaskan ketika berkunjung ke suatu daerah. Setiap daerah memang memiliki kuliner khas yang tidak mudah ditemukan di daerah lain. Jogja menjadi salah satu daerah dengan keragaman kuliner khas yang menjadikan wisatawan tertarik untuk terus berkunjung. Berbagai makanan lezat bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

BERITA REKOMENDASI