Libur Idul Adha, Konsumsi Bahan Bakar di DIY Naik Tipis

YOGYA (KRjogja.com) – PT Pertamina (Persero)  Marketing Operation Regional (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT)  area Jawa Tengah dan DIY memperkirakan akan terjadi peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), baik jenis Premium hingga Pertamax Series selama Hari Raya Idul Adha 1437H karena bertepatan dengan libur panjang akhir pekan.  Pertamina MOR IV memprediksi rata-rata terjadi kenaikan sekitar 5 persen untuk seluruh bahan bakar minyak maupun gas elpiji.

"Konsumsi bahan bakar minyak dan gas di area Jateng dan DIY diprediksi hanya mengalami kenaikan sekitar lima persen selama libur Idul Adha 2016 ini. Kenaikannya memang sedikit karena konsumsi harian bahan bakar sudah menunjukan kenaikan," ujar  Officer Communication and Relations PT Pertamina MOR IV JBT, Muslim Dharmawan kepada KRjogja.com, Senin (12/9/2016).

Muslim mengatakan alokasi tambahan sudah disiapkan sesuai dengan prediksi lonjakan konsumsi sekitar 5 persen tersebut. Pihaknya telah menyiapkan alokasi bahan bakar minyak dan gas dengan tambahan lima persen di atas konsumsi rata-rata. Konsumsi Premium diperkirakan meningkat 5 persen dan konsumsi Pertamax Series diperkirakan meningkat 5 persen di wilayah Jateng dan DIY

"Konsumsi bahan bakar paling tinggi dialami bahan bakar khusus (BBK) varian Pertalite selama libur hari raya kurban tahun ini. Kita memang hanya memprediksi naik 5 persen, tetapi pada intinya kita siap supplay berapapun kebutuhan bahan bakar sesuai permintaan pasar nantinya jika terjadi lonjakan" katanya.

Sementara itu untuk pasokan elpiji juga ditingkatkan 4 hingga 5 persen dari penyaluran normal per hari. Penambahan pasokan elpiji subsidi secara fakultatif juga telah disiapkan pihaknya untuk setiap rayon di DIY. Selain fokus menyiapkan dan memastikan pasokan BBM dan elpiji, Pertamina juga telah menyiagaka tim Satuan Tugas (Satgas) yang akan siaga selama 24 jam untuk mendukung kelancaran distribusi dan ketahan stok pasokan BBM dan elpiji.

Ketua Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY, Siswanto menambahkan sejauh ini tidak terjadi lonjakan konsumsi bahan bakar baik BBM maupun elpiji di DIY selama libur Idul Adha. Sebelumnya, Pertamina telah melakukan penambahan pasokan bahan bakar di kisaran 5 persen dan kuota fakultatif atau tambahan bagi gas melon di kisaran sebesar 4 persen di alokasi bulanan. (Ira)

BERITA REKOMENDASI