Libur Lebaran Usai, ASN Pemkot Diawasi Tak Bolos Kerja

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Libur Lebaran 2021 usai bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Minggu (16/5/2021) hari ini. ASN termasuk Tenaga Teknis atau Tenaga Bantuan (Naban) di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten/kota dan DIY akan mulai masuk bekerja, Senin (17/5/2021) besok.

Di Kota Yogyakarta, Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta bersiap melakukan pengawasan. Forpi akan mengawasi adanya ASN yang tidak masuk di seluruh OPD Kota Yogyakarta, Senin nanti.

Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo Nomor 8/2021 jelas menyatakan larangan pegawai aparatur sipil negara (ASN) mudik dan mengajukan cuti. “Kami akan melakukan pemantauan langsung di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dan beberapa kantor Kelurahan maupun Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta,” ungkap Baharuddin Kamba Anggota Forpi Kota Yogyakarta.

Forpi Kota Yogyakarta meminta penerapan sanksi tegas bagi ASN yang bolos termasuk cuti karena melanggar SE Mendagri tersebut. “Kita akan lihat dulu bagaimana hasil pemantauan besok, kalau terbukti ada uang bolos maka Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) harus memberikan sanksi bagi ASN, termasuk yang nekat mudik,” tegasnya.

 

ASN

BERITA REKOMENDASI