Libur Natal dan Tahun Baru, Potensi Desa Wisata Wajib Dikenalkan

YOGYA (KRjogja.com) – Libur Natal dan Tahun Baru ini dimanfaatkan pelaku pariwisata untuk mengenalkan potensi wisata di Yogya. Diantaranya dengan keberadaan Desa Wisata dengan home stay di penjuru DIY dengan berbagai keunikannya, yang diharapkan bisa menambah panjang atau long of stay liburan mereka di Yogya.  

Asosiasi Tour & Travel ASITA DIY mencoba memberikan kunjungan ke obyek obyek baru juga desa wisata  yang mungkin belum dikenal wisatawan. Sehingga wisatawan dapat menikmati hal-hal  yang baru dan beda dengan yang pernah mereka kunjungi sebelumnya.  

"Walaupun bagi mereka yang belum pernah ke Yogya, tetap kita kasih obyek obyek unggulan. Dengan demikian diharapkan terjadi penyebaran wisatawan, tidak terfokus pada suatu daerah atau obyek wisata yang sudah unggulan. Desa wisata dengan paket wisata unggulan banyak diminati," tutur  Ketua ASITA DIY, Sudiyanto kepada KRjogja.com, Selasa (20/12)

Sementara Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istidjab M Danunagoro menyebutkan sesuai SK Gubernur terkait dengan one hotel one dewi (desa wisata), ada 20 hotel yang telah menjadi bapak angkat desa wisata.

"Antara lain yang punya home stay diberikan pelatihan dari segi produk-pelayanan dan pengelolaan. Sehingga sudah bisa dijual home staynya. Bila hotel-hotel sudah penuh bisa dibantu menjualkan home staynya," papar Istidjab. (*-2)

 

BERITA REKOMENDASI