Libur Nataru, Bulog Yogyakarta Jamin Ketersediaan Pangan

YOGYA, KRJOGJA.com – Perum Bulog Drive Yogyakarta menjamin ketersediaan pangan untuk libur Natal dan Tahun Baru. Bahkan, stop pangan dipastikan aman hingga April 2019.

Hingga saat ini, di gudang Bulog tersimpan 11.900 ton beras, 7.000 ton gula pasir, 7.600 liter minyak goreng dan 1,6 ton daging beku. Pemantauan juga terus dilakukan petugas guna memastikan masyarakat mendapatkan kebutuhan pangannya.

"Menjelang Natal dan Tahun Baru ini kita rutin melakukan pemantauan ke pasar. Itu dilakukan agar harganya tetap stabil," ujar Kepala Bulog Drive Yogyakarta Akhmad Kholisun, Jumat (21/12).

Bahkan Bulog Drive Yogyakarta menjamin, stok pangan aman hingga April 2019 atau musim panen berikutnya. Untuk itu masyarakat dihimbau tidak panik. Karena kebutuhan pangannya tetap akan terpenuhi. 

Karakter Yogyakarta menurut Akhmad berbeda dengan daerah lain. Dimana setiap kali liburan, justru banyak yang berlibur. Baik domestik maupun mancanegara. Hal ini berdampak pada kenaikan kebutuhan pangannya. "Kami juga rutin melakukan operasi pasar. Baik di pasar maupun di wilayah yang berpotensi terjadi kenaikan harga," ungkapnya.

Bulog mentargetkan, stok beras dapat terjual 75-100 ton perhari. Namun berdasarkan hasil operasi pasar sejak September hingga Desember, rata-rata perhari baru terjual 35 ton perhari. Selama September masih dibawah 100 ton, Oktober diangka 97 ton, November mulai mendekati 200 ton dan per tanggal 20 Desember sudah di angka 200 ton.(Awh)

 

BERITA REKOMENDASI