Libur Nataru ke Yogya, Wisatawan Diminta Tak Berkerumun

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY bersiap menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kurang dari 15 hari kedepan. Diprediksi, DIY menjadi salah satu tujuan terpopuler wisatawan dari berbagai daerah untuk menikmati masa libur meski kini kasus Covid-19 justru meninggi.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan larangan berkunjung di masa libur Nataru nanti. Namun, sebagai upaya pencegahan penularan virus, wisatawan diminta menaati protokol kesehatan yakni menjaga jarak, mencuci tangan serta mengenakan masker setiap saat.

“Kami sudah siapkan upaya pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan di destinasi dan usaha pariwisata. Namun akan percuma kalau wisatawan tidak menerapkan hal tersebut. Karena itu kami minta yang datang ke Jogja, ya taat aturan protokol kesehatan,” ungkapnya pada wartawan Kamis (10/12/2020).

Dinas Pariwisata menurut Singgih mengingatkan pada wisatawan dan warga untuk menghindari berkerumun saat momen liburan nanti. Singgih menilai, momen akhir tahun selama ini menjadi ajang berkumpul bahkan bereuni masyarakat yang lama tak bertemu.

“Prinsipnya tak ada larangan pesta tahun baru tapi tidak boleh ada kerumunan. Jangan sampai seperti event kemarin dibubarkan di tengah penyelenggaraan karena melanggar protokol kesehatan. Kasus di DIY saat ini sedang tinggi,” ungkapnya lagi.

Di sisi lain, Singgih berharap warga masyarakat DIY untuk melakukan staycation di masa liburan nanti. “Artinya warga lokal berwisata di dalam daerah. Untuk menggerakkan ekonomi namun juga demi keamanan bersama juga,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI