Liburan Imlek di Jogja, Obwis Masih Buka Terbatas

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJogja.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan ada 104 obyek wisata yang buka selama pengetatan secara terbatas kegiatan masyarakat (PTKM) ketiga ini. Obyek wisata juga harus mematuhi pembatasan jam operasional dan cek surat bebas COVID-19 bagi wisatawan.

“Jadi di lima Kabupaten/Kota se-DIY masih ada 104 destinasi, dari total 200 lebih destinasi yang beroperasi (selama pandemi COVID-19),” kata Kepala Dispar DIY, Singgih Raharjo saat ditemui di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (9/2).

Pemerintah DIY juga melaksanakan pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19 bagi pelaku perjalanan darat atau pengguna transportasi pribadi yang masuk ke DIY. Rencananya pengecekan di perbatasan itu diterapkan mulai Jumat hingga Minggu, 12-14 Februari 2021.

Sementara efek ‘long weekend’ liburan imlek di beberapa lokasi wisata di Yogyakarta mulai terasa. Seperti terlihat di Malioboro mulai terlihat ramai oleh wisatawan yang ingin berswafoto atau sekadar jalan-jalan saja.

Seharusnya sesuai kalender wisata Yogyakarta, dikawasan Malioboro tepatnya di kampung Pecinan Ketandan rutin digelar Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) yang rencananya akan digelar akhir bulan atau dua pekan pasca momen perayaan tahun baru Imlek. Namun karena masih pandemi dan ada PPKM Mikro, kegiatan itu akan dilakukan secara daring dan hanya tiga hari saja tanpa disertai pasar malam. (Sabila)

BERITA REKOMENDASI