Lima Menit Gunungan Ludes ‘Dirayah’

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Antusiasme warga masyarakat untuk menyaksikan prosesi Grebeg Maulud di Masjid Gede Kauman benar-benar luar biasa, Senin(12/12/2016). Betapa tidak, belum selesai kaum masjid Kamaludinningrat membacakan doa, ribuan warga langsung merangsek masuk dan memperebutkan lima gunungan yang dibawa ke halaman utama Masjid Gede Kauman.

Suasana menjadi tak terkendali di mana hampir semua orang lantas maju memperebutkan semua bagian gunungan. Padahal sebelumnya, panitia telah berkali-kali menyampaikan perebutan gunungan dilaksanakan setelah selesai dibacakannya doa oleh kaum masjid Gede Kauman.

Namun demikian, suasana tersebut tak berlangsung lama karena dalam jarak waktu tak sampai 5 menit seluruh bagian gunungan yakni Kakung, Putri, Darat, Gepak serta Pawuhan habis diperebutkan masyarakat. Mereka tampaknya tak sabar lantaran menunggu sejak pukul 08.00 pagi padahal Grebeg baru dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB.

Di sisi depan regol utama masjid, ribuan masyarakat yang juga menantikan rebutan gunungan terpaksa menelan ludah sendiri lantaran petugas keamanan sigap menutup regol karena keadaan di dalam halaman masjid tela dipenuhi masyarakat. Beberapa orang terpaksa mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan lantaran pingsan saat prosesi rebutan gunungan.

Salah satu yang mendapatkan pucuk gunungan, Suryadi warga Godean mengaku sangat bersemangat memperebutkan gunungan. "Mau saya sebar di sawah karena katanya bisa membawa berkah," ungkapnya singkat. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI