Lima Tersangka Pergola Ditahan

YOGYA (KRjogja.com) – Perkara dugaan korupsi pergola tahun 2013, Rabu (9/11) dilakukan tahap dua yaitu penyerahan barang bukti dan tersangka. Dalam tahap dua, jaksa penuntut umum melakukan penahanan terhadap para tersangka yaitu Zm, Ht, Sw, Bd dan Ss. Para tersangka akan didakwa dengan Pasal  2 dan 3 UU No 31 tahun 1999 tentang korupsi. 

Aspidsus Kejati DIY Azwar SH mengungkapkan, tahap dua ini dilakukan setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh jaksa peneliti. Kemudian jaksa penyidik melaksanakan tahap dua, yaitu penyerahan barang bukti dan tersangka. 

"Kelima tersangka tadi memenuhi panggilan kami. Setelah itu tersangka dan barang bukti diserahkan ke jaksa penuntut umum untuk ditanya identitas serta kelengkapan formil dan materiil, " ungkapnya. 

Selanjutnya para tersangka dibawa ke Biddokkes Polda DIY untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Kemudian dibawa dan dilimpahkan ke Kejari Yogya karena perkara tersebut berada di wilayah Kota Yogya. Begitu dinyatakan sehat, para tersangka ditahan di Rutan Wirogunan. 

Setelah tahap dua ini, jaksa penuntut umum segera menyusun surat dakwaan terhadap lima tersangka. Jaksa akan menjerat para tersangka dengan Pasal  2 dan 3 UU No 31 tahun 1999 tentang korupsi. Ditargetkan dalam waktu dua minggu, surat dakwaan selesai. 

Sebagaimana diketahui, para tersangka diduga melakukan korupsi dengan cara kelebihan bayar dan kekurangan volume pekerjaan. Perkara ini merupakan perkembangan sidang Pergola yang telah memvonis Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Irfan Susilo 1,5 tahun dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan,  Suryadi sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dihukum 1 tahun 3 bulan dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Sedangkan Hendrawan sebagai rekanan divonis 4 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.  (Sni) 

BERITA REKOMENDASI