Lokomotif Rusak Dibuatkan “Taman” di Balai Yasa

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Tak kurang 25 lokomotif lawas milik PT KAI mangkrak di sisi barat Balai Yasa Yogyakarta, Selasa (27/9/2016). Loko-loko buatan tahun 1960-an tersebut tak lagi bisa dioperasikan karena kondisi mesin yang tak lagi mumpuni memenuhi keinginan pengguna saat ini.

 

Eko Purwanto, Kepala Balai Yasa Yogyakarta mengatakan lokomotif tak dapat lagi dioperasikan lantaran tak tersedia lagi suku cadang mesin di pasaran. Menurut dia, lokomotif tersebut menggunakan mesin diesel hidrolis yang kini tak lagi diproduksi pembuatnya.

"Sebenarnya yang kita tempatkan di sisi barat Balai Yasa ini loko yang mesinnya tak lagi ada suku cadangnya, tak bisa digunakan. Ada 25 loko totalnya dan hampir semua buatan tahun 1960-an, horse powernya kecil," terangnya.

Upaya menempatkan lokomotif di taman yang ada di Balai Yasa merupakan langkah melindungi aset yang dimiliki PT KAI. "Nanti akan dikonservasi di Museum KAI di Ambarawa, kami menunggu arahan dari pusat dulu," imbuhnya.

Loko-loko yang ada di Balai Yasa memang terlihat tak lagi terawat. Karat dan cat yang mengelupas terlihat jelas lantaran kereta-kereta ini diterpa panas dan hujan selama beberapa waktu terakhir.

Tampaknya, bila dimanfaatkan akan lebih memiliki nilai guna tersendiri. Kita tunggu saja langkah PT KAI terkait hal tersebut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI