Lomba Lukis Realisasi Kerjasama DIY-Kyoto

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 198 peserta yang terdiri dari pelajar TK, SD, SMP dan SMA/SMK mengikuti Lomba Lukis DIY-Kyoto di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Minggu (3/9/2017). Kegiatan lomba ini merupakan pelaksanaan untuk wilayah Kota Yogyakarta.

"Karena mulai tahun 2017 ini, kami sengaja menyelenggarakan lomba di kabupaten/kota se-DIY. Harapannya untuk mengakomodir peserta yang ada di seluruh DIY. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, lomba hanya dilangsungkan sekali di tengah kota sehingga kemungkinan peminat di kabupaten lain belum terakomodir," tutur Kasi Seni Rupa Dinas
Kebudayaan DIY Padmono Anggoro Prasetyo dijumpai KRJOGJA.com sela kegiatan.

Ditambahkan Padmono, pada waktu bersamaan juga diselenggarakan lomba serupa di Kabupaten Kulonprogo yang diikuti 141 peserta dari berbagai tingkatan sekolah tersebut. Diharapkan melalui konsep ini dapat menjaring lebih banyak peserta serta kualitasnya juga makin meningkat.

Sementara untuk pelaksanaan lomba lainnya, untuk Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul akan dilaksanakan, Minggu (10/9/2017) mendatang. Sedang Kabupaten Gunungkidul baru akan menyelenggarakan lomba ini pada Minggu (17/9/2017).

Dari hasil lomba ini, tim juri nantinya akan memilih 30 karya lukis yang akan dipamerkan di Bentara Budaya Yogyakarta pada 24 Oktober 2017. Setelah itu, 30 karya tersebut akan dibawa ke Kyoto Jepang untuk dipamerkan bersama karya-karya anak muda Jepang lainnya.

"Kegiatan ini merupakan realisasi kerjasama sister city antara DIY-Kyoto yang digelar rutin tiap tahun," tukas Anggoro. (Feb)

BERITA REKOMENDASI