Lomba Video Animasi Islam, DIY Potensi Kembali Raih Juara Nasional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kakanwil Kemenag DIY), Dr H Masmin Afif MAg, yakin, di Yogya banyak potensi terpendam di bidang kreasi seni, termasuk dalam kreasi membuat film pendek, sehingga melahirkan karya terbaik. Potensi ini bisa membawa harum DIY di tingkat nasional.

“Saya berharap film yang meraih juara dalam kompetisi di tingkat DIY ini mampu meraih juara di tingkat nasional,” kata Dr H Masmin Afif pada penyerahan hadiah para juara Islamic Animated Short Movie Kompetition atau lomba video animasi Islami di ruang rapat Kanwil Kemenag DIY Jalan Sukonandi 8, Kamis (05/08/2021). Pada kesempatan ini Kepala Bidang Penerangan Islam, Zakat dan Wakaf, Sigit Warsita membacakan SK kejuaraan.

Sebagai juara 1 film animasi produksi Tanahijau Productive berjudul “Rezeki Anak Sholeh”. Juara 2 “Puasaku, Obatku” karya animasi dari MAN 2 Kulonprogo. Juara 3 “Demam Korea, Milenial Sadar Halal” karya karya MAN 4 Sleman. Juara harapan 1 “Sholat Tepat Waktu, Milenial Sadar Ibadah”, karya Raudhatul Athfal Ar Raihan Bantul. Harapan 2 “3 batu/Milenial Sadar Ibadah” dan harapan 3 “Milenial Sadar Gaul, No Free Sex No Drugs” produksi Santri Milenial.

Para juara selain mendapat tropi juga uang pembinaan total Rp 22.500.000. Untuk juara 1 Rp 8.000.000, 2 Rp 6.000.000, 3 Rp 4.000.000. Harapan 1 Rp 2.000.000, harapan 2 Rp 1.500.000 dan harapan 3 Rp 1.000.000. Khusus juara 1, 2, dan 3 juga akan diikutkan dalam lomba yang sama tingkat nasional.

Kakanwil Kemenag DIY juga berharap, para pemenang lomba ini juga ikut meramaikan dakwah melalui media sosial. Menurutnya, saat ini berdakwah melalui medsos cukup efektif. Sebab kebanyakan orang saat ini selalu berkonsentrasi terhadap medsos melalui gadget yang mereka miliki. “Saya berharap para juara ikut andil dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui film-film pendek,” harapnya. (Fie)

BERITA REKOMENDASI