Long Weekend, Pengguna Kereta Api Melonjak

YOGYA (KRjogja.com) – Libur panjang Maulud Nabi Muhammad SAW yang dimulai sejak Sabtu (10/12/2016) berdampak pada angkutan kereta api yang mengalami peningkatan okupansi sepanjang tiga hari hingga Senin (12/12/2016) hari ini. 

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan ada kenaikan lebih dari 5 persen di semua jurusan dari Daerah Operasional 6. Menurut dia, banyak warga yang memanfaatkan libur cukup panjang untuk pergi ke daerah lain baik untuk berlibur maupun bertemu keluarga. 

"Okupansi kereta dari Daop 6 Yogyakarta mengalami kenaikan, hampir semua jurusan penuh seperti menuju Bandung dan Jakarta hingga Senin (12/12/2016) hari ini, sekitar 90 persen. Tampaknya ini juga terjadi baik untuk kereta api jarak jauh maupun dekat dari Daop 6," ungkapnya. 

PT KAI memprediksi jumlah penumpang akan kembali normal usai libur hari ini dan akan mengalami kenaikan kembali pada libur panjang Natal dan Tahun Baru yang dimulai pada 23 Desember 2016. Daop 6 Yogyakarta sendiri mengoperasikan 8 kereta api tambahan untuk mengakomodasi tingginya jumlah animo calon penumpang. 

"Hari ini masih akan tinggi salah satunya menuju Bandung karena saya juga sedang dalam perjalanan, dan memang penuh. Besok mulai normal 85 persen okupansinya dan nanti kemungkinan naik lagi saat libur Natal dan Tahun Baru," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI